Lativah, Yeni (2023) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengurangan dengan Media Permainan Tradisional Gapuk (PTK di Kelas II SDN Curug Barang, Kecamatan Mancak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240004_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240004_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (440kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240004_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (175kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240004_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (281kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240004_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (372kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240004_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (392kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240004_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep operasi hitung pengurangan, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu pada proses pembelajaran yang dilakukan belum dilengkapi dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran pasif, dan siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan pemahaman konsep pengurangan siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media permainan tradisional gapuk dalam materi pengurangan sebagai solusi dari permasalahan tersebut dengan harapan pemahaman konsep pengurangan siswa dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes rata-rata kelas dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan menggunakan media permainan tradisional gapuk dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I 55,56 % dan rata-rata 70,00, kemudian meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 75, 56.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran, Media Permainan Tradisional Gapuk |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 07:46 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 07:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11201 |
Actions (login required)
Lihat Item |