Adawiyah, Robiatul (2023) Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Aktivitas Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn (Studi di Kelas V SDN Paku Jaya 02, Serpong, Tangerang Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240021_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240021_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (774kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240021_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (307kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240021_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240021_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (293kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240021_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240021_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240021_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menjelaskan penanaman nilai-nilai toleransi dalam aktivitas peserta didik pada pembelajaran PPKn, mengetahui dampak penanaman nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PPKn pada hasil belajar peserta didik, menjelaskan dampak penanaman nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PPKn pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, adapun subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas V, guru agama dan peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai toleransi dalam aktivitas siswa di pembelajaran PPKn telah dilaksanakan oleh guru kelas seperti menghargai, menghormati, terbuka, empati, membela kebenaran, bertindak positif, cinta budaya, ramah, berpikir positif, bertindak positif, dan netral. Hasil belajar siswa dalam penanaman nilai-nilai toleransi pada pembelajaran PPKn rata-rata sebesar 80 dengan KKM 75. Dampak penanaman nilai-nilai toleransi dalam kehidupan beragama pada perilaku sehari-hari siswa sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap menghormati dan menghargai perbedaan keyakinan, dan adanya kegiatan kegamaan, seperti pengajian bersama, infaq jum’at, sholat duha bersama, santunan yatim piatu. Dalam menerapkan nilai-nilai toleransi namun ada beberapa siswa yang belum nampak menerapkan nilai-nilai toleransi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Nilai-nilai Toleransi, Mata Pelajaran PPKn |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 07:36 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 07:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11200 |
Actions (login required)
Lihat Item |