Efektivitas Penerapan Metode Tilawati dan Penilaian Munaqosyah untuk meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas 2 SD Islam Al-Azhar 10 Serang

Nabilah, Nabilah (2023) Efektivitas Penerapan Metode Tilawati dan Penilaian Munaqosyah untuk meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas 2 SD Islam Al-Azhar 10 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210055_Cover.pdf

Download (141kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210055_Lampiran Depan.pdf

Download (469kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210055_BAB I.pdf

Download (361kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img] Teks
S_PAI_171210055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_PAI_171210055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210055_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210055_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Metode tilawati dan penilaian munaqosyah adalah salah satu cara alternatif dalam belajar membaca Al-Quran dengan lancar, baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pelaksanaan penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Al Azhar 10 Serang, untuk mengidentifikasi pelaksanaan penilaian munaqosyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Al Azhar 10 Serang dan untuk mengetahui efektivitas metode tilawati dan penilaian munaqosyah dalam kelancaran membaca Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu pedoman observasi, pedoman tes, pembimbing membaca Al-Quran, guru pedamping, dan kepala sekolah. Dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, laporan penelitian yang relevan dan data-data sekolah yang berisi profil dan sejarah SD Islam Al Azhar 10 Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan metode tilawati di SD Islam Al-Azhar 10 Serang dapat dinyatakan cukup baik. Ditinjau dari faktor yang mempengaruhi kelancaran membaca Al-Quran baik siswa, pengajar, dan lingkungan. 2) Penilaian munaqosyah di SD Islam Al-Azhar 10 Serang dapat dinyatakan sudah baik dalam membaca Al-Quran, hal ini didukung dengan munaqosyah yang diadakan tiga tahap yaitu pre-test, harian, dan post-test. 3) Penerapan metode Al-Barqy dan penilaian munaqosyah untuk meningkatkan kelancaran membaca Al-Quran siswa kelas 2 dengan baik yaitu persentasi 89,1 % yaitu kategori baik dengan indikator fashohah, tajwid, shifatul huruf, makhorijul huruf, dan kelancarannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Tilawati, Munaqosyah, Kelancaran Membaca Al-Quran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2023 04:24
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2023 08:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.