Nabilah, Nabilah (2023) Efektivitas Penerapan Metode Tilawati dan Penilaian Munaqosyah untuk meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas 2 SD Islam Al-Azhar 10 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210055_Cover.pdf Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210055_Lampiran Depan.pdf Download (469kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210055_BAB I.pdf Download (361kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210055_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (415kB) |
||
Teks
S_PAI_171210055_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (477kB) |
||
Teks
S_PAI_171210055_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (614kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210055_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210055_Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Metode tilawati dan penilaian munaqosyah adalah salah satu cara alternatif dalam belajar membaca Al-Quran dengan lancar, baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pelaksanaan penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Al Azhar 10 Serang, untuk mengidentifikasi pelaksanaan penilaian munaqosyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Al Azhar 10 Serang dan untuk mengetahui efektivitas metode tilawati dan penilaian munaqosyah dalam kelancaran membaca Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu pedoman observasi, pedoman tes, pembimbing membaca Al-Quran, guru pedamping, dan kepala sekolah. Dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, laporan penelitian yang relevan dan data-data sekolah yang berisi profil dan sejarah SD Islam Al Azhar 10 Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan metode tilawati di SD Islam Al-Azhar 10 Serang dapat dinyatakan cukup baik. Ditinjau dari faktor yang mempengaruhi kelancaran membaca Al-Quran baik siswa, pengajar, dan lingkungan. 2) Penilaian munaqosyah di SD Islam Al-Azhar 10 Serang dapat dinyatakan sudah baik dalam membaca Al-Quran, hal ini didukung dengan munaqosyah yang diadakan tiga tahap yaitu pre-test, harian, dan post-test. 3) Penerapan metode Al-Barqy dan penilaian munaqosyah untuk meningkatkan kelancaran membaca Al-Quran siswa kelas 2 dengan baik yaitu persentasi 89,1 % yaitu kategori baik dengan indikator fashohah, tajwid, shifatul huruf, makhorijul huruf, dan kelancarannya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Tilawati, Munaqosyah, Kelancaran Membaca Al-Quran |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 04:24 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 08:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11192 |
Actions (login required)
Lihat Item |