Pengembangan Media Permainan AYPI (Ayam Pintar) untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muqorobbin Cilegon

Karniawati, Santi (2023) Pengembangan Media Permainan AYPI (Ayam Pintar) untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muqorobbin Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260051_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260051_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (443kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260051_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAUD_181260051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB)
[img] Teks
S_PAUD_181260051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB)
[img] Teks
S_PAUD_181260051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260051_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260051_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media permainan AYPI (ayam pintar) dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, mengetahui kelayakan permainan AYPI (ayam pintar) sebagai media bahan ajar dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, mengetahui efektivitas media permainan AYPI (Ayam Pintar). Jenis penelitian menggunakan (R&D) Research and Development / Penelitian dan Pengembangan berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Addie. Dilakukan 5 tahapan diantaranya; (1) Analysis (Analisa), (2) Design (rancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implemetation (implementasi/eksekusi), (5) Evaluation (umpan balik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket / kuesioner, analisis hasil validasi, lembar penilaian kognitif anak usia 5-6 tahun dan dokumentasi. Hasil Penelitian dan pengembangan menunjukkan : Pertama, Menghasilkan sebuah produk berupa media permainan AYPI (Ayam Pintar); Kedua, Kelayakan media permainan AYPI (Ayam Pintar) dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator. Rata-rata penilaian validator 1 mendapatkan presentase kelayakan sebesar 93% kategori “sangat layak” dan rata-rata penilaian validator ke 2 mendapatkan presentase kelayakan 96% kategori “sangat layak” selanjutnya dari praktisi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori “sangat layak” ; Ketiga, Dari hasil uji coba efektifitas produk media permainan AYPI (Ayam Pintar) pada anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 orang telah memperoleh data total nilai rata-rata pada posttest sebesar 86, 59%. Sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media permainan AYPI (Ayam Pintar) mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest pada anak usia 5-6 tahun lebih baik dari pada nilai pretest. Dengan demikian media permainan AYPI (Ayam Pintar) layak dan efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif kepada anak usia 5-6 tahun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Media Permainan AYPI (Ayam Pintar), Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2023 03:47
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.