Karniawati, Santi (2023) Pengembangan Media Permainan AYPI (Ayam Pintar) untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muqorobbin Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAUD_181260051_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAUD_181260051_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (443kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAUD_181260051_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (290kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAUD_181260051_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (315kB) |
||
Teks
S_PAUD_181260051_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (354kB) |
||
Teks
S_PAUD_181260051_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PAUD_181260051_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAUD_181260051_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media permainan AYPI (ayam pintar) dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, mengetahui kelayakan permainan AYPI (ayam pintar) sebagai media bahan ajar dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, mengetahui efektivitas media permainan AYPI (Ayam Pintar). Jenis penelitian menggunakan (R&D) Research and Development / Penelitian dan Pengembangan berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Addie. Dilakukan 5 tahapan diantaranya; (1) Analysis (Analisa), (2) Design (rancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implemetation (implementasi/eksekusi), (5) Evaluation (umpan balik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket / kuesioner, analisis hasil validasi, lembar penilaian kognitif anak usia 5-6 tahun dan dokumentasi. Hasil Penelitian dan pengembangan menunjukkan : Pertama, Menghasilkan sebuah produk berupa media permainan AYPI (Ayam Pintar); Kedua, Kelayakan media permainan AYPI (Ayam Pintar) dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator. Rata-rata penilaian validator 1 mendapatkan presentase kelayakan sebesar 93% kategori “sangat layak” dan rata-rata penilaian validator ke 2 mendapatkan presentase kelayakan 96% kategori “sangat layak” selanjutnya dari praktisi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori “sangat layak” ; Ketiga, Dari hasil uji coba efektifitas produk media permainan AYPI (Ayam Pintar) pada anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 orang telah memperoleh data total nilai rata-rata pada posttest sebesar 86, 59%. Sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media permainan AYPI (Ayam Pintar) mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest pada anak usia 5-6 tahun lebih baik dari pada nilai pretest. Dengan demikian media permainan AYPI (Ayam Pintar) layak dan efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif kepada anak usia 5-6 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Media Permainan AYPI (Ayam Pintar), Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jan 2023 03:47 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jan 2023 03:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11151 |
Actions (login required)
Lihat Item |