Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang

Nastiti, Ayunda Aziziah (2023) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250035_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250035_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (610kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250035_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_181250035_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (209kB)
[img] Teks
S_MPI_181250035_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB)
[img] Teks
S_MPI_181250035_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250035_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250035_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (52kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai implementasi manajemen pendidikan karakter islam. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pendidikan karakter islam Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan keberhasilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Sumber data yang terlibat yaitu Kepala Madrasah, Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, serta Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru, dikembangkan berdasarkan visi dan misi, melibatkan semua guru, disosialisasikan kepada seluruh warga madrasah, penerapan nilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam perencanaan pembelajaran, menyusun program kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter Islam, yaitu dengan cara melibatkan seluruh warga madrasah, agar saling berkordinasi dan berkonstribusi. Namun tentu terdapat beberapa hambatan dan dukungan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. 3) Keberhasilan inisudah 85% tercapai keberhasilannya dimulai dari ketertiban madrasah sudah berjalan lebih baik, terindetifikasi karakter setiap warga madrasah, dan pembiasaan-pembiasaan bagi siswa sudah terlihat lebih bagus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Stakeholder Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 27 Jan 2023 08:28
Perubahan Terakhir: 27 Jan 2023 08:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.