Nastiti, Ayunda Aziziah (2023) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250035_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250035_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (610kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250035_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250035_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (209kB) |
||
Teks
S_MPI_181250035_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (97kB) |
||
Teks
S_MPI_181250035_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (127kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250035_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (14kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250035_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (52kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai implementasi manajemen pendidikan karakter islam. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pendidikan karakter islam Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Pipitan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan keberhasilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Sumber data yang terlibat yaitu Kepala Madrasah, Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, serta Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru, dikembangkan berdasarkan visi dan misi, melibatkan semua guru, disosialisasikan kepada seluruh warga madrasah, penerapan nilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam perencanaan pembelajaran, menyusun program kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter Islam, yaitu dengan cara melibatkan seluruh warga madrasah, agar saling berkordinasi dan berkonstribusi. Namun tentu terdapat beberapa hambatan dan dukungan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. 3) Keberhasilan inisudah 85% tercapai keberhasilannya dimulai dari ketertiban madrasah sudah berjalan lebih baik, terindetifikasi karakter setiap warga madrasah, dan pembiasaan-pembiasaan bagi siswa sudah terlihat lebih bagus.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Stakeholder Pendidikan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jan 2023 08:28 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jan 2023 08:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11139 |
Actions (login required)
Lihat Item |