Annisa, Fatika Salsabella (2023) Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MTs Darul Irfan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_161250037_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (40kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250037_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (690kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250037_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (319kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250037_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (754kB) |
||
Teks
S_MPI_161250037_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (352kB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250037_Bab IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (571kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250037_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (48kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250037_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (43kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Irfan Kota Serang. Metode Penelitian deskriptif kualitatif analisis SWOT. Informan penelitian adalah Koordinator Guru Bimbingan dan Konseling, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perencanaan bimbingan dan konseling meliputi analisis kebutuhan siswa, analisis situasi dan kondisi sekolah, penentuan jenis program dan layanan, penyediaan sarana fisik dan teknis, penentuan sarana personel serta pembagian tugas, dan kegiatan penunjang. Pengorganisasian sudah cukup baik, dengan adanya koordinasi baik dengan stakeholder maupun dengan instansi atau lembaga lain. Pelaksanaanya sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Begitupun dengan layanan yang diberikan. Evaluasi bimbingan dan konseling meliputi evaluasi program, evaluasi proses, dan evaluasi hasil. Namun kurang ada tindak lanjut terkait evaluasi hasil. Faktor pendukung latar belakang pendidikan guru bk sesuai, adanya koordinasi dengan stakeholder dan instansi lain, dan sarana prasarana cukup memadai. Faktor penghambat stigma siswa bahwa guru BK hanya untuk siswa bermasalah/nakal, kurang pahamnya stakeholder terkait prosedur penanganan siswa serta kinerja bk, dan tidak adanya tindak lanjut yang kongkrit terkait evaluasi bimbingan dan konseling. Solusi untuk hambatan yaitu melakukan sosialisasi terkait cara kerja bk, kemudian memperhatikan serta menindak lanjuti hasil evaluasi secara kongkrit.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Bimbingan dan Konseling, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi, Stakeholder |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 26 Jan 2023 08:03 |
Perubahan Terakhir: | 26 Jan 2023 08:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11112 |
Actions (login required)
Lihat Item |