Lestari, Monika (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Inayah Syariah PKPRI Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_171410225_Cover.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410225_Lampiran Depan.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410225_BAB I.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_171410225_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
Teks
S_ES_171410225_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
Teks
S_ES_171410225_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_ES_171410225_BAB V.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410225_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Industri perhotelan adalah bidang usaha jasa dengan mengutamakan unsur pelayanan. Konsep hotel haruslah dikonsep dengan desain yang unik dan menarik, akan tetapi unsur kenyamanan harus lebih diutamakan. Bagi para konsumen, harga atau tarif pada suatu hotel menjadi tolak ukur bagi para pengunjung untuk menginap disuatu hotel. Hal yang paling penting dari suatu harga adalah kualitas layanan dan fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel. Munculnya masalah dalam usaha perhotelan dapat ditimbulakn karena tidak puasnya pelayanan atau fasilitas yang diberikan kepada para pelanggan. Kualitas pelayanan pada Hotel Inayah Syariah memiliki pengaruh terhadap kepuasan tamu. Bagi suatu hotel konvensional maupun hotel syariah, kualitas pelayanan menjadi faktor penting yang menentukan kelanjutan usaha perhotelan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan tamu hotel? 2) Apakah kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara bersamaan atau simultan berpengaruh terhadap kepuasan tamu hotel? 3) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan tamu hotel? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan tamu hotel. 2) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan tamu hotel. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan tamu hotel. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan berjumlah 40. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berjenis data primer. Data diperoleh dengan cara menyebar angket/kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabiltas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), dan uji Koefisien Determinasi menggunakan SPSS 20.00. Kesimpulan menunjukan bahwa, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh dan berdampak positif terhadap kepuasan tamu hotel, nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,014 < 0,05. Harga tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan tamu hotel, nilai sig harga lebih besar dari 0,05 yaitu 0,442 > 0,05. Fasilitas memiliki pengaruh dan berdampak positif terhadap kepuasan tamu hotel, nilai sig fasilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,015 < 0,05. 2) Secara simultan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan dan berdampak positif terhadap kepuasan tamu hotel, nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. 3) Besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 44,6%, dengan tingkat determinasi kuat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas, Kepuasan dan Hotel Syariah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 25 Jan 2023 07:51 |
Perubahan Terakhir: | 25 Jan 2023 07:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11085 |
Actions (login required)
Lihat Item |