Syair Nyi Pohaci Dalam Sejarah Aki Sulanjana (Dari Desa Cilebang Lebak-Banten)

Unayah, Uun (2023) Syair Nyi Pohaci Dalam Sejarah Aki Sulanjana (Dari Desa Cilebang Lebak-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_181350116_COVER.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_181350116_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (257kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_181350116_BAB I.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_181350116_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (302kB)
[img] Teks
S_SPI_181350116_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img] Teks
S_SPI_181350116_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (567kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_181350116_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_181350116_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Syair Nyi Pohaci Dalam Naskah Sejarah Aki Sulanjana (Dari Desa Cilebang Lebak-Banten) adalah berupa naskah lama yang dibacakan pada saat adanya taradisi-tradisi berlangsung seperti tradisi Sedekah Bumi, Mapag Pare Bekah, Ngajiwa, Ngubaran Pare, yang dibacakanya di perumahan kekolot. Naskah Sejarah Aki Sulanjana dibacakannya sambil dinyayikan bergantian satu Syair satu orang oleh seorang kiyai yang sudah hapal dengan naskah tersebut. Sedangkan Nyi Pohaci dalam Naskah Sejarah Aki Sulanjana adalah Dewi Padi dan Sawah serta Dewi kesuburan yang didalam naskah Sejarah Aki Sulanjana berisi tentang Syair-Syair Nyi Pohaci atau asal-usul tanaman padi yang subur. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Deskripsi Syair Nyi Pohaci Dalam Naskah Sejarah Aki Sulanjana, 2. Bagaimana Suntingan atau Edisi Naskah Sejarah Aki Sulanjana, 3. Bagaimana Kandungan isi Naskah Sejarah Aki Sulanjana. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui: 1. Deskripsi Naskah Sejarah Aki Sulanjana, 2. Suntingan dan Edisi Naskah Sejarah Aki Sulanjana, 3. Kandungan isi Naskah Sejarah Aki Sulanjana. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode penelitian ini terfokus dengan pendekatan filologi adapun langkah-langkah penelitian filologi terhadap Naskah Sejarah Aki Sulanjana yaitu: inventarisasi, deskripsi, transliterasi naskah, kritik teks, suntingan Teks dan Aparat Teks, Terjemahan. Berdasasarkan pembahasan pada skripsi ini, bahwa Syair Nyi Dalam Naskah Sejarah Aki Sulanjana (Dari Desa Cilebang Lebak-Banten) merupakan naskah yang berasal dari Desa Cilebang Kecamatan Sobang Lebak-Banten yang disimpan dirumah Kiyai Ashar untuk dipakai dan dibaca untuk acara�acara tertentu seperti dalam Tradisi Sedekah Bumi, Mapag Pare Bekah, Ngubaran Pare Dan Ngejiwa. Naskah Sejarah Aki Sulanjana juga diartikan sebagai syair yang bertentangan dengan Nyi Pohaci yaitu dewi padi yang didalam Naskah Sejarah Aki Sulanjana dalam pembahasnnya mencakup semua tentang padi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 808 Rhetoric & koleksi sastra
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Jan 2023 02:36
Perubahan Terakhir: 20 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10983

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.