Nilai-Nilai Budaya Dalam Adat Perkawinan Marga Melinting Lampung Timur

Gafar, Muhamad Firdaus (2023) Nilai-Nilai Budaya Dalam Adat Perkawinan Marga Melinting Lampung Timur. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350035_COVER.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350035_LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (479kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350035_BAB I.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_171350035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (209kB)
[img] Teks
S_SPI_171350035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
S_SPI_171350035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350035_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masyarakat Melinting masih melakukan upacara adat perkawinan karena Mereka sangat mempercayai bahwa penyerapan makna dari upacara adat itu membuat mereka akan lebih menghargai nilai-nilai yang menjadi dasar dan norma untuk ditetapkan dalam prilaku setiap individu masyarakat di era Modernisasi ini, berpegang teguh pada aturan hukum, adat dan agama, berperilaku Jujur, saling menghargai antar sesama. Perkawinan menurut adat dapat dilaksanakan berbagai acara, mulai dari pergaulan bujang gadis sampai pada pelaksaan upacara adatnya. Perkawinan bagi orang Lampung bukan semata-mata urusan pribadi, melainkan juga urusan keluarga, kerabat dan masyarakat adat. Perumusan masalah Latar belakang ini adalah : (1) Bagaimana gambaran umum masyarakat Lampung Marga Melinting, (2) Bagaimana adat perkawinan Marga Melinting, (3) Bagaimana Nilai-nilai budaya adat perkawinan Masyarakat Marga Melinting. Adapun tujuan penelitian ini adalah yang menjelaskan tentang : (1) Gambaran umum masyarakat Lampung Marga Melinting, (2) Adat Perkawinan Marga Melinting (3) Nilai-nilai Budaya Adat Perkawinan Marga Melinting. Metode penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kebudayaan, dengan beberapa tahapannya sebagai berikut : (1) Pengumpulan data, (2) Seleksi data, (3) Analisa data, (4) Penyusunan Laporan. Hasil pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai budaya adat perkawinan Marga Melinting yaitu : Perkawinan ngibal, Bumbang Aji, maupun Sebambangan. Ketiganya mengenal rangkaian upacara perkawinan seperti peminangan, akad nikah, dan upacara resepsi perkawinan yang berkaitan dengan adat maupun agama (islam), yang menunjukan adanya unsur-unsur islam (sebagai kebudayaan) yang memiliki fungsi-fungsi yang beragam bagi masyarakat adat Marga Melinting Lampung Timur. Adapun pengaruh nilai-nilai budaya terhadap adat perkawinan marga melinting lampung timur maka dapat dijelaskan bahwa kehidupan sosial budaya adalah kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan budaya yang terdapat di dalam suatu masayarakat yang saling berinteraksi sehingga dapat mempengaruhi nilai-nilai sosial yang menjadi ciri masyarakatnya

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 19 Jan 2023 04:57
Perubahan Terakhir: 19 Jan 2023 04:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.