Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak (Studi Kasus di Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu - Jakarta Selatan)

Putri, Elsa Firda (2023) Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak (Studi Kasus di Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu - Jakarta Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510044_Cover.pdf

Download (133kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510044_Lampiran Depan.pdf

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510044_BAB I.pdf

Download (352kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (392kB)
[img] Teks
S_KPI_181510044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (171kB)
[img] Teks
S_KPI_181510044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510044_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510044_Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu faktor yang menentukan keharmonisan dalam berkomunikasi adalah komunikasi interpersonal.Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang melibatkan dua orang yang berinteraksi secara langsung atau tatap muka, dan penyampaiannya berfokus pada verbal maupun nonverbal.Komunikasi positif memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan fungsi keluarga, dan memiliki andil besar dalam pembentukan dan pertumbuhan kepribadian anak selanjutnya. Karena keluarga merupakan tempat dimana manusia mengalami proses sosialisasi pertamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak di Kelurahan Pejaten Timur. 2) Untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal orang tua dalam pembentukan kepribadian anak di Kelurahan Pejaten Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif naratif. Data didapat melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumen yang relevan. Setelah mengamati dan menganalisis, penulis mendapatkan hasil bahwa 1) Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak di Kelurahan Pejaten Timur ada yang berbentuk verbal dan juga non verbal. Di lapangan ditemukan komunikasi interpersonal yang baik antara orang tua dan anak. Komunikasi mereka berjalan lancar dan bersifat terbuka. Namun ditemukan juga orang tua dan anak yang tidak memiliki aktivitas komunikaasi interpersonal yang baik. 2) Komunikasi interpersonal orang tua memiliki peran dalam pembentukan kepribadian anak di Kelurahan Pejaten Timur. Ditemukan bahwa komunikasi yang baik antar orang tua dapat menyebabkan hubungan antar keduanya menjadi baik. Dengan adanya hubungan yang baik antara orang tua dan anak dapat membuat anak cenderung dapat terkontrol oleh orang tuanya. Sebaliknya orang tua dan anak yang komunikasi interpersonalnya tidak baik hubungan antar keduanya cenderung tidak dekat dan tidak adanya keterbukaan antar keluarga.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Kepribadian Anak
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Jan 2023 08:37
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.