Dlofiyah, Siti Novianti (2023) Penerapan Konseling Individual dengan Teknik Reinforcement Positif untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Gadget pada Anak (Studi Kasus di Kp/Ds. Pegandikan RT. 09 RW. 02 Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520056_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520056_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (672kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520056_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (578kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_181520056_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (881kB) |
||
Teks
S_BKI_181520056_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (426kB) |
||
Teks
S_BKI_181520056_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (519kB) |
||
|
Teks
S_BKI_181520056_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (293kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520056_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (412kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kecanduan gadget adalah sikap atau tingkah laku seseorang yang kurang tertarik terhadap aktivitas lain sehingga membuat seseorang akhirnya menghabiskan waktu untuk bermain gadget. Seperti contohnya anak yang kurang kasih sayang karena orangtuanya sibuk bekerja, dan lain-lain. Sebenarnya bermain gadget merupakan hal yang biasa, namun menjadi tidak biasa ketika individu merasa tidak bisa lepas dari gadget atau dapat dikatakan kecanduan gadget. Bermain gadget boleh saja, namun harus dengan batasan waktu yang sewajarnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan konseling individual dengan teknik reinforcement positif untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak di kampung pegandikan? 2) Bagaimana hasil penerapan konseling individual dengan teknik reinforcement positif untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak di kampung pegandikan? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menerapkan konseling individual dengan teknik reinforcement positif yang digunakan oleh peneliti untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak di kampung pegandikan kecamatan lebak wangi. 2) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan konseling individual dengan teknik reinforcement positif yang digunakan oleh peneliti untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak di kampung pegandikan kecamatan lebak wangi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Jenis penelitian tindakan ini mencakup cuplikan data yang memberikan gambaran umum tentang penyajian laporan dan tindakan dalam menyelesaikan permasalahan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada agustus 2022 sampai september 2022, dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 3 anak yang berinisial A, AM, dan SK yang mengalami kecanduan bermain gadget. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi anak yang mengalami kecanduan bermain gadget pada anak akan berdampak pada sikap yang kemudian dimunculkan yaitu sikap rasa tidak mau belajar dan kurang tanggung jawab terhadap sekolah. Setiap responden memiliki alasan tersendiri mengapa ia kecanduan bermain gadget seperti: banyak fitur keren yang ditawarkan oleh gadget sehingga membuat anak merasa selalu ingin memainkan gadget dan berbagai alasan lainnya sehingga responden tidak mau melepaskan gadgetnya. 2) Penerapan teknik reinforcement positif pada anak untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak bertujuan agar anak mau beraktivitas yang lebih bermanfaat dan memunculkan sikap dan perilaku yang positif dan belajar untuk bertanggung jawab atas kehidupannya. 3) Dampak positif dari penerapan teknik reinforcement positif ini, anak jadi lebih bertanggung jawab, mengurangi waktu bermain gadget, dan secara perlahan mampu merubah kebiasaanya menjadi lebih baik lagi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Teknik Reinforcement Positif, Kecanduan Bermain Gadget pada Anak |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 17 Jan 2023 03:43 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 03:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10908 |
Actions (login required)
Lihat Item |