Muflihah, Muflihah (2023) Pendekatan Behavioral untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Remaja Awal di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520031_Cover.pdf Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520031_Lampiran Depan.pdf Download (832kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520031_BAB I.pdf Download (349kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_181520031_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (571kB) |
||
Teks
S_BKI_181520031_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_BKI_181520031_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (556kB) |
||
|
Teks
S_BKI_181520031_BAB V.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520031_Daftar Pustaka.pdf Download (402kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Beberapa remaja mengalami rendahnya motivasi belajar di masa pandemi Covid-19 karena faktor internal dan eksternal. Remaja yang mengalami rendahnya motivasi belajar di masa pandemi Covid-19 dibantu untuk mengubah perilaku yang awalnya motivasi belajar rendah menjadi meningkatkan motivasi belajarnya dengan menggunakan pendekatan behavioral sebagai metode yang dipakai. Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar remaja di masa pandemi Covid-19 di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten?, 2) Bagaimana penerapan pendekatan behavioral untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja awal di masa pandemi Covid-19 di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten? 3) Bagaimana hasil penerapan pendekatan behavioral untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja awal di masa pandemi Covid-19 di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi responden adalah lima remaja awal di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Rendahnya Motivasi belajar remaja di Kampung Luwung Priyayi Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berada pada diri individu itu sendiri, seperti malas atau tidak semangat dalam belajar, tidak suka atau senang pada saat proses belajar berlangsung, tidak adanya persiapan sebelum belajar, sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar individu, seperti keluarga, sekolah dan lain�lain. 2) penerapan pendekatan behavioral dilakukan sebanyak 4 kali diantaranya pada pertemuan pertama asesmen, pertemuan kedua identifikasi masalah pertemuan ketiga penerapan teknik dan pertemuan terakhir evaluasi/pengakhiran. 3) hasil dari penerapan pendekatan behavioral ini ialah bahwa kelima responden telah berhasil meningkatkan motivasi belajarnya di masa pandemi Covid-19.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Remaja, pendekatan behavioral dan motivasi belajar di masa pandemi covid-19 |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Jan 2023 04:05 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 03:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10889 |
Actions (login required)
Lihat Item |