Analisis SWOT Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi pada Akun @amberlyn.id)

Wicaksono, Novia (2023) Analisis SWOT Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi pada Akun @amberlyn.id). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330002_Cover.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330002_Lampiran Depan.pdf

Download (567kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330002_Lampiran Depan.pdf

Download (567kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330002_BAB I.pdf

Download (492kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_KPI_171330002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_KPI_171330002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (586kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330002_Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Di zaman modern, kegiatan dakwah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, apapun media yang dipakai, tidak akan mengurangi nilai-nilai dakwah dan pesan dakwah salah satunya ialah media sosial. Selain dakwah menggunakan media sosial, masih ada acara untuk memaksimalkan dakwah kita yaitu menganalisis kefektifan dakwah menggunakan pisau Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT dapat digunakan untuk berbagai objek baik objek individu maupun kelompok. Analisis SWOT pada penelitian ini mengacu pada media sosial Instagram. Salah satu sosial media yang aktif dipakai untuk berdakwah adalah Instagram. Instagram sendiri ialah media sosial yang fleksibel, memiliki berbagai fungsi dan banyak fitur pendukung selama menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Instagram popular dikalangan remaja sampai dewasa, hal ini membuat dakwah melalui Instagram tergolong efektif karena audiens atau mad’u nya sendiri berupa seluruh pengguna Instagram yang muslim khususnya. Instagram sebagai media dakwah sangat mudah diakses oleh siapa saja dan memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara aktif. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang peneliti ambil adalah: 1) Bagaimana kekuatan (Strength) akun instagram @amberlyn.id sebagai media dakwah? 2) Bagaimana kelemahan (Weakness) akun instagram @amberlyn.id sebagai media dakwah? 3) Bagaimana peluang (Opportunity) akun instagram @amberlyn.id sebagai media dakwah? 4) Bagaimana ancaman (Threat) akun instagram @amberlyn.id sebagai media dakwah?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi deskriptif dimana data yang sudah didapat kemudian dikumpulkan dan disusun agar lebih mudah di pahami sehingga objek penelitian dapat dianalisis menggunakan Analisis SWOT secara mendetail. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa akun @amberlyn.id memiliki beberapa kekuatan dan peluang yang dapat di gali dan dimaksimalkan kembali demi kepentingan dakwah yang terus lancar, dan kelemahan serta ancaman yang dimiliki tidak terlalu besar dan masih dapat di antisipasi dengan baik. Konsep Instagram sebagai media dakwah ini adalah langkah yang tepat yang diambil oleh pemilik akun @amberlyn.id karena instagram berpotensi dapat dijangkau oleh banyak kalangan dan mudah di operasikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Swot, Instagram sebagai media dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Jan 2023 08:40
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.