Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Tiktok pada Remaja Awal di Desa Walikukun (Studi di Kelurahan Walikukun, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten)

Wulandari, Wulandari (2023) Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Tiktok pada Remaja Awal di Desa Walikukun (Studi di Kelurahan Walikukun, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Cover.pdf

Download (234kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Lampiran Depan.pdf

Download (6MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Bab I.pdf

Download (205kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Bab II.pdf

Download (638kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Bab III.pdf

Download (323kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Bab IV.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Bab V.pdf

Download (54kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520131_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Beberapa remaja awal di desa walikukun yang berada pada rentang usia 13-16 tahun yang masih duduk dibangku SMP kelas 1,2 dan 3 mengalami suatu masalah yakni kecanduan tiktok. Yang memunculkan perilaku tidak dapat mengatur waktu dan masalah psikologis lainnya seperti mudah marah, cemas, sering mengurung diri dan sebagainnya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi psikologis remaja yang mengalami kecanduan Tiktok? 2) Bagaimana teknik self management dalam mengurangi kecanduan Tiktok? 3) Bagaimana hasil teknik self management dalam mengurangi kecanduan Tiktok? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi psikologis remaja yang mengalami kecanduan Tiktok. 2) untuk mengetahui efektivitas teknik self management dalam mengurangi kecanduan Tiktok. 3) untuk mengetahui bagaimana hasil konseling teknik self management dalam mengurangi kecanduan Tiktok. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Walikukun Kecamatan Carenang Kabupaten Serang-Banten. Adapun kelima responden tersebut adalah WS, RJ, KR, AU dan KH. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif tindakan atau action research dimana metode ini digunakan untuk memperbaiki suatu kondisi dimana yang dialami oleh seseorang dan peneliti berperan didalamnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian bahwa remaja awal yang mengalami kecanduan tiktok (1) kondisi psikologis remaja tersebut yakni mudah marah, gelisah atau cemas berlebih, insomnia, mudah marah dan tidak mau diganggu, dan sering mengurung diri (2) Dilihat dari kondisi psikologis dan permasalahan, perlunya teknik self management (pengaturan dan pengelolaan diri). Proses penerapan teknik self management ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan (3) Penelitian ini memperlihatkan bahwa setelah melakukan proses konseling melalui teknik self management konseli mengalami beberapa perubahan pada pengaturan waktu dan perilakunya juga pada kondisi psikologisnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Jan 2023 02:52
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.