Strategi Orang Tua dalam Mengenalkan Uang untuk Anak Usia Dini di Perum Griya Pelangi Sakinah Kampung Dumus Desa. Pematang Rt/13 Rw/03 Kecamatan Kragilan Serang Banten

Agustiana, Linda (2022) Strategi Orang Tua dalam Mengenalkan Uang untuk Anak Usia Dini di Perum Griya Pelangi Sakinah Kampung Dumus Desa. Pematang Rt/13 Rw/03 Kecamatan Kragilan Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260056_Cover.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260056_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (630kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB I.pdf

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (465kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (263kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260056_Daftar Pustaka.pdf

Download (823kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Uang merupakan hal yang sangat penting yang kita gunakan untuk bertransaksi. Dalam mempelajari matematika khususnya mengenal nilai mata uang diperlukan media pembelajaran yang efektif yang bisa melibatkan anak usia dini pada pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan anak usia dini. Strategi orang tua dalam mengajarkan anak usia dini untuk mengenalkan uang seperti memberikan anak materi berhitung sehingga anak mengetahui angka terlebih dahulu. Selain belajar berhitung orang tua mengajarkan anak usia dini untuk menyisihkan sisa uang jajannya untuk disimpan. Tujuan: (1) Mengetahui strategi orang tua dalam mengenalkan uang untuk anak usia dini. (2) Mengetahui tentang bagaimana pemahaman anak usia dini tentang penggunaan uang. (3) Mengetahui pemahaman anak tentang konsep uang yang diajarkan oleh orang tua anak usia dini. Metode: metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua anak usia dini 3-6 tahun, berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan/verifikasi, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian: dari hasil wawancara, menunjukkan bahwa strategi yang diberikan oleh orang tua sangatlah bermanfaat. Orang tua selalu memberikan gambaran termudah agar anak-anak mengerti tentang uang. Dari mulai memberikan strategi belanja, mengenal mata uang dari warna dan bentuk uangnya, mengajari menabung dan memberikan cara dengan memberikan uang jajan agar dapat kembalian uang. Peningkatan tersebut didapat dengan melakukan semua tahapan-tahapan pembelajaran dengan menggunakan metode yang disebutkan di atas tadi. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal nilai mata uang. Kesimpulan: Strategi yang digunakan oleh orang tua dalam penelitian ini yakni, mengajak anak-anak untuk ikut berbelanja dengan orang tua dapat membuat anak secara langsung memahami sebuah transaksi jual beli.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Orang Tua, Mata Uang, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 02:47
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.