Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Santri (Studi di Pondok Pesantren Darul Haitam, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kab.Serang)

Rubi, Rezza Kurnia (2022) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Santri (Studi di Pondok Pesantren Darul Haitam, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kab.Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520070_COVER.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520070_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520070_BAB I.pdf

Download (508kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520070_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (635kB)
[img] Teks
S_BKI_181520070_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_BKI_181520070_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (601kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520070_BAB V.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520070_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam menjalankan kehidupaan sekarang ini, keterampilan manajemen waktu butuh dikembangkan terutama pada santri untuk menjalani kehidupan sehari hari. Khususnya di kalagan santri pengolahan terhadap waktu memang memainkan peran krusial. Terkadang waktu yang digunakan kurang lebih 24 jam dalam sehari di rasa tidak cukup, sementara jika diisi oleh kegiatan lainnya waktu seperti berlebihan oleh karenanya tidak bisa dipakai dengan optimal sehingga dari waktu kewaktu tidak akan menghasilkan apa-apa dan akhirnya kita akan tertinggal oleh mereka yang dapat mengatur waktu dengan semaksimal mungkin. Penelitian ini memiliki Rumusan Masalah sebagai berikut yakni bagaimana kondisi santri dalam manajemen waktu di pondok pesantren Darul Haitam, apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di pondok pesantren dapat meningkatkan manajemen waktu santri, dan bagaimana hasil layanan yang diterapkan untuk meningkatkan manajemen waktu santri. Dan memiliki tujuan sebagai berikut yakni untuk mengetahui bagaimana kondisi santri dalam manajemen waktu di Pondok Pesantren Darul Haitam, untuk mengetahui apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan manajemen waktu santri dan bagaimana hasil layanan yang diterapkan untuk meningkatkan manajemen waktu santri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022 - Juni 2022 yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Konselor di pondok pesantren, Pengasuhan atau pengurus pondok pesantren dan 8 orang santri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahwa kondisi santri dalam manajemen waktu sangat rendah, hal yang menyebabkan rendahnya santri dalam manajemen waktu adalah karena padatnya kegiatan di pondok pesantren. Layanan Bimbingan Kelompok dengan menggunakan teknik kontrak perilaku yang diterapkan di pondok pesantren Darul Haitam efektif dalam meningkatkan manajemen waktu santri di pondok pesantren. Hasil layanan yang diterapkan sudah berhasil dalam meningkatkan manajemen waktu santri khusus nya dalam disiplin belajar santri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan Bimbingan Kelompok, Manajemen Waktu, Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:52
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 08:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.