Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Menangani Perilaku Buruk Remaja Awal Kepada Orangtua (Studi Kasus di Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang)

Safitri, Ernalia (2022) Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Menangani Perilaku Buruk Remaja Awal Kepada Orangtua (Studi Kasus di Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520058_COVER.pdf

Download (49kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520058_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (491kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520058_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520058_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_181520058_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (759kB)
[img] Teks
S_BKI_181520058_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (958kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520058_BAB 5.pdf

Download (63kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520058_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Remaja awal merupakan individu yang berada pada rentang usia 12-15 pada masa remaja awal terjadi emosionalitas yang tinggi, mengakibatkan remaja awal melakukan perilaku yang tidak sesuai. Perilaku yang tidak sesuai ini seperti berperilaku buruk kepada orangtua. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk perilaku buruk remaja awal kepada orangtua?, 2) Bagaimana penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk menangani perilaku buruk remaja awal kepada orangtua?, 3) Bagaimana hasil penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk menangani perilaku buruk remaja awal kepada orangtua?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku buruk remaja awal kepada orangtua, untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk menangani perilaku buruk remaja awal kepada orangtua, dan untuk mengetahui hasil penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk menangani perilaku buruk remaja awal kepada orangtua. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022 sampai dengan bulan Juni 2022, dengan jumlah responden 4 orang remaja awal yang melakukan perilaku buruk kepada orangtua. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan tiga kesimpulan, yaitu bentuk perilaku buruk remaja awal kepada orangtua di Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang di antaranya berbicara kasar atau tidak sopan, melawan, membentak, memukul, menendang, berbuat kasar seperti melempar barang ketika keinginan remaja awal tidak terpenuhi. Penerapan konseling behavioral dengan teknik self management dilakukan sebanyak lima pertemuan dengan empat tahapan konseling (assesment, goal setting, technique implementation, evaluation termination) dan tiga tahapan self management (self monitoring, self evaluation, self reinforcement). Setelah diimplementasikannya konseling behavioral dengan teknik self management, adanya perubahan perilaku keempat remaja awal dalam mengatasi perilaku buruk kepada kepada orangtua. Z, D, E dan A sudah mampu mengontrol emosinya dengan baik dan perilaku kepada orangtua lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Behavioral Counseling, Self Management, Early Teens Bad Behavior
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:55
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.