Pendidikan Agama Islam, Kurikulum dan Biaya Pendidikan Masa Daulah Bani Umayyah dan Daulah Abbasiyah (Analisis Perbandingan)

Ismatullah, Ismatullah (2022) Pendidikan Agama Islam, Kurikulum dan Biaya Pendidikan Masa Daulah Bani Umayyah dan Daulah Abbasiyah (Analisis Perbandingan). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182101120_COVER.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182101120_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182101120_BAB I.pdf

Download (259kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182101120_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img] Teks
T_PAI_182101120_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
T_PAI_182101120_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (299kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182101120_BAB V.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182101120_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan masa Daulah setelah kekhalifahan berakhir mengalami pasang surut sebagimana penguasa dan kekuatan pemerintah dalam berbagai aspek, antara lain aspek politik kekuasaan internal dan faktor external daerah kekuasaan khalifah, terjadi perubahan besar-besaran setiap masa menjadikan kurikulum dan biaya pendidikan mengalami berbagai corak dan warna. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kurikulum pendidikan masa Daulah Umayyah dan Abbasiyah, bagaimana pembiayaan pendidikan masa Daulah Umayyah dan Abbasiyah, bagaimana perbandingan kurikulum dan pembiayaan pendidikan masa Daulah Umayyah dan Abbasiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuan perbandingan kurikulum dan biaya pendidikan masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiah. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Library research menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian, maka secara metodologis pendekatan yang digunakan adalah content analisis dan analisis perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan corak Kurikulum masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiah, dimasa awal pendidikan islam bercorak alami sementara masa berikutnya kurikulum dikendalikan berdasarkan sistem oleh pemerintah. Terdapat perbedaan atas biaya pendidikan pada masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiah, pada masa awal biaya tidak sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah melainkan patungan dengan orang tua siswa, sementara pada masa lainnya biaya pendidikan banyak ditanggung oleh pemerintah, hal ini nampak jelas dengan lebih majunya pendidikan periode Bani Abbasiah yang memprioritaskan program pemerintahan diantaranya sektor pendidikan, kurikulum dan biaya pendidikan masa Bani v Umayyah dan Bani Abbasiah telah melampaui berbagai sisi gelap dan terang, sehingga perbedaan muncul pada corak warna kurikulum dan biaya pendidikan terlihat dari tata kelola kauangan negara, sementara pada sisi persamaan terlihat kurikulum masih didominasi oleh corak pengetahuan Islam, terjadi perkebangan dimana orang tua siswa ikut menanggung biaya pendidikan, namun pada masa berikutnya biaya pendidikan pada masa tertentu ditanggung oleh pemerintah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:35
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.