المجلز في شعر لو أننا لم نفترق لفاروق جويدة

Safitri, Iis (2022) المجلز في شعر لو أننا لم نفترق لفاروق جويدة. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360017_Cover.pdf

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360017_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360017_BAB I.pdf

Download (810kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_BSA_181360017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (673kB)
[img] Teks
S_BSA_181360017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (825kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360017_BAB V.pdf

Download (444kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360017_Daftar Pustaka.pdf

Download (534kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Majas merupakan salah satu bentuk penyimpangan makna yang membutuhkan perhatian tersendiri yang bertujuan untuk memahami pesan sesungguhnya yang dimaksudkan oleh pengarang, di mana penggunaan bentuk-bentuk majas itu harus sesuai dengan apa yang kemukan dalam karya sastra tersebut yaitu salah satunya puisi “ Andaikan kita tidak berpisah “ karya faruq juwaidah yang memiliki banyak jenis majas dan mempunyai makna secara tersirat yang sangat mendalam. Pada penelitian ini, peneliti akan membahas mengenai dua rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu: 1. Majas apa sajakah yang terdapat dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah? 2. Bagaimana pemaknaan yang terdapat dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah?. Penelitian ini menganalisis majas dan makna yang terkandung dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Menyebutkan dan menjelaskan majas yang terdapat dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah 2. Menjelaskan fungsi pemaknaan majas yang terdapat dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Kemudian teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu dengan tinjauan pustaka, peneliti menggunakan buku, jurnal- jurnal dan lain sebagainya. Analisis data dilakukan dengan menandai kalimat yang mengandung majas dan makna dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah, menjelaskan kalimat yang mengandung majas setelah makna majas dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah, kemudian menjelaskan hasil dari majas dan kandungan makna yang terdapat dalam puisi andaikan kita tidak berpisah. Adapun hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan beberapa majas dan kandungan makna dalam puisi andaikan kita tidak berpisah karya faruq juwaidah, di mana meliputi jenis majas perbandingan, majas pertautan, pertentangan, dan persamaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Majas, dan faruq juwaidah
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:31
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10763

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.