Syarfiyah, (2014) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA (Studi di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cibeber Cilegon). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (63kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
RIWAYAT HIDUP S.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Abstrak dan Lain2.pdf Download (112kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I-V.pdf Download (178kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Terlambat masuk sekolah, bolos saat jam pelajaran, berpakaian tidak sesuai dengan ketentuan, dan merokok adalah perilaku peserta didik yang penulis temukan di MA Al-Inayah Jerang Ilir Cibeber Cilegon. Terlambat, bolos, dan merokok merupakan perilaku tidak disiplin peserta didik karena disiplin itu adalah persesuaian terhadap keadaan, dimana seseorang mampu menggerakan, mengatur dan mengendalikan dirinya dalam segala hal dan pengendaliannya berada dalam diri masing-masing, dan harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Oleh karena itu, peserta didik hendaknya belajar disiplin, dan guru senantiasa mengawasi perilaku peserta didik, agar tidak terjadi tindakan yang indisiplin karena tugas guru tidak terbatas pada penyampaian materi pembelajaran, tetapi lebih dari itu guru harus membentuk kompetensi dan pri badi peserta didik melalui proses pembelajaran dan melalui pendekatan bimbingan dan konseling. Dari latar belakang di atas penulis dapat merumuskan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Apa saja pelayanan bimbingan konseling yang diberikan sekolah kepada siswa, 2) Apa peranan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui apa saja pelayanan bimbingan konseling yang diberikan sekolah kepada siswa, 2) untuk mengetahui apa peranan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah dengan mengumpulkan data melalui observasi kelapangan serta wawancara langsung yang berkaitan dengan pembahasan, untuk analisis data penulis menggunak an teknik deduktif yaitu dengan mempelajari data yang penulis peroleh dari buku -buku kemudian diambil kesimpulannya. Kesimpulan dalam penulisan ini adalah 1) Pelayanan BK di MA Al-Inayah yang dilakukan adalah sebagai wujud penyelenggaraan pelayanan bimbing an dan konseling terhadap sasaran layanan, yaitu peserta didik. Dalam kaitan ini, ada sejumlah layanan dalam bimbingan dan konseling di sekolah diantaranya adalah layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, konseling kelompok, konseling perorangan, bimbingan kelompok, layanan konsultasi , 2) Peran Guru BK dalam meningkatkan disiplin siswa di MA Al-Inayah yaitu dengan melaksanakan tata tertib sekolah sesuai aturan yang di berlakukan, sehingga terciptanya ketertiban dan kepatuhan siswa terhadap aturan-aturan sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Konseling, Knseling Pendidikan, Pendidikan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Mar 2017 02:47 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2017 02:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
Lihat Item |