الموازنة بين شعر محمود درويش و شعر أحمد شوقي (دراسة مقارنة أدبية)

Aldriyansah, Aldi (2022) الموازنة بين شعر محمود درويش و شعر أحمد شوقي (دراسة مقارنة أدبية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360101_Cover.pdf

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360101_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360101_BAB I.pdf

Download (750kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (637kB)
[img] Teks
S_BSA_181360101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (711kB)
[img] Teks
S_BSA_181360101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (758kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360101_BAB V.pdf

Download (442kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360101_Daftar Pustaka.pdf

Download (623kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Banyak penyair yang telah menciptakan puisi dengan indah baik penyair nasional maupun internasional, terutama penyair Arab dengan keindahan gaya bahasanya yang tidak di ragukan lagi. Salah satu penyair Arab yang terkenal adalah Mahmoud Darwish dan Ahmed Shauqi. Kedua penyair ini sama hebat dan terkenal pada masanya, yaitu Mahmoud Darwish dengan gelar penyair nasional Palestinanya, dan Ahmed Shauqi dengan gerakan sastra Mesir moderennya. Pada penelitian ini akan di analisisnya kedua puisi karya Mahmoud Dariwsh dan Ahmed Shauqi yang memiliki warna sastra dan latar belakang yang berbeda. Adapun persamaan yang terdapat dalam dua puisi ini adalah yang akan menjadi bahan penelitian sastra bandingan dengan menggunakan pendekatan struktural yaitu meliputi struktur fisik dan struktur batin pada kedua puisi. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana struktur fisik kedua puisi karya Mahmoud Darwish dan Ahmed Shauqi, 2) Bagaimana struktur batin kedua puisi karya Mahmoud Darwish dan Ahmed Shauqi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan struktur fisik dan struktur batin puisi Mahmoud Darwish dan Ahmed Shauqi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan struktur fisik dan struktur batin yang terdapat dalam kedua puisi tersebut. Struktur fisik meliputi diksi, imaji dan majas. Struktur batin meliputi tema, rasa dan amanat. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan, diperoleh hasil analisis tentang struktur fisik dan struktur batin puisi. Terdapat persamaan dan perbedaan dalam kedua puisi tersebut: Persamaan struktur fisik terdapat pada penggunaan imaji, keduanya sama-sama banyak menggunakan imaji visual dari pada imaji auditif dan imaji taktik. Persamaan struktur batin terdapat pada tema, krena keduanya sama-sama memiliki ide dan subjek yang sama, keduanya juga sama-sama berbicara tentang cinta. Sedangkan perbedaan struktur fisik terdapat pada diksi/citraan, karena Mahmoud Darwish peduli dengan rima sedangkan Ahmed Shauqi tidak, dan penggunaan majas yang berbeda, Mahmoud Darwish banyak menggunakan ushlub tasybih sedangkan Ahmed Shauqi banyak menggunakan majas mursal dan istiaroh dalam puisinya. Selanjutnya perbedaan struktur batin adalah pada pesan / amanat dan rasa yang terdapat dalam puisi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Puisi, Mahmoud Darwish, Ahmed Shauqi, Struktur Fisik, Struktur Batin
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 02:22
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.