Kedudukan Hukum Hak Cipta Terhadap Cover Lagu (Studi Kasus Channel YouTube Gen Halilintar)

Falah, Muthia Noer (2022) Kedudukan Hukum Hak Cipta Terhadap Cover Lagu (Studi Kasus Channel YouTube Gen Halilintar). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130069_COVER.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130069_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (582kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130069_BAB I.pdf

Download (326kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130069_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img] Teks
S_HES_181130069_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (299kB)
[img] Teks
S_HES_181130069_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130069_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Seiring berkembangnya teknologi, informasi dan komunikasi membuat permasalahan baru mengenai hal tesebut mencuat di masyarakat. Seperti yang terjadi pada bidang Hak Cipta yaitu dengan banyaknya penggandaan lagu yang tidak memiliki izin dan mengkomersialkan karya cipta tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, perumusan masalahnya adalah: 1) Bagiamana praktik menggandakan karya cipta orang lain tanpa izin pada channel YouTube Gen Halilintar. 2) Bagaimana popularitas diri dengan melakukan cover version pada channel YouTube Gen Halilintar. 3) Bagaimana komersialisasi penggandaan karya cipta orang lain dalam channel YouTube Gen Halilintar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui praktik menggandakan karya cipta orang lain tanpa izin pada channel YouTube Gen Halilintar. 2) Untuk mengetahui popularitas diri dengan melakukan cover version pada channel YouTube Gen Halilintar. 3) Untuk mengetahui komersialisasi penggandaan karya cipta orang lain dalam channel YouTube Gen Halilintar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan teknik telaah dokumen, buku, jurnal, dan artikel yang bertkaitan dengan hak cipta . Sedangkan hasil teknik pengolahan data setelah dibaca, dipelajari, dan ditelaah terhimpun dari hasil observasi dan telaah data, kemudian dilakukan reduksi data yang dilakukan dengan cara abstraksi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Ditinjau dari hukum positif, praktik menggandakan karya cipta orang lain pada channel YouTube tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dan mengganti sebagian lirik dinyatakan bertentangan dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Ditinjau dari hukum Islam termasuk ke dalam hukum gasab yang dilarang dalam syariat Islam. 2) Popularitas diri dengan melakukan cover version pada channel YouTube hukumnya haram, karenakan ditempuh dengan proses yang illegal, maka dipandang bertentangan dengan Undang-Undang dan sekaligus bertentangan dengan nilai-nilai Islam. 3) Komersialisasi penggandaan karya cipta orang lain dalam channel YouTube melanggar Undang-Undang No.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta karena telah melakukan komersialisasi karya cipta tanpa izin di YouTube. Hal ini juga melanggar hukum Islam karena komersialisasi karya cipta orang lain tanpa izin hukumnya haram.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kedudukan Hukum, Hak Cipta, Cover Lagu
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 346 Swasta hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 07:27
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.