Nilai-Nilai Moral dalam Film Dancing in The Rain (Perspektif Semiotika Roland Barthes)

Rahmah, Aulia (2022) Nilai-Nilai Moral dalam Film Dancing in The Rain (Perspektif Semiotika Roland Barthes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330047_COVER.pdf

Download (31kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330047_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330047_BAB I.pdf

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_KPI_171330047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (107kB)
[img] Teks
S_KPI_171330047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (732kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330047_BAB V.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Film merupakan audio dan visual yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi emosional penonton dari visual gambar yang dihadirkan. Film masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya.nilai-nilai moral merupakan suatu hal yang penting dalam diri seorang individu. Film Dancing In The Rain ini dibuat setelah diselenggarakannya Asia Para Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Berdasarkan latar belakang yang sudah disebutkan oleh peneliti maka dapat ditarik beberapa identifikasi masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana nilai-nilai moral yang terdapat dalam film Dancing In The Rain? 2) Bagaimana makna Denotasi dan Konotasi pada film Dancing In The Rain?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terdapat di Film Dancing In The Rain. 2) Untuk mengetahui deskripsi dan tokoh pada film Dancing In The Rain. 3) Untuk mengetahui tanda pada film Dancing In The Rain. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis Semiotika Roland Barthes yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: Pengambilan data Primer dan data Sekunder, menonton film Dancing In The Rain, menganalisis beberapa adegan yang terdapat pada film Dancing In The Rain, meminta pendapat kepada penonton yang sudah menyaksikan film Dancing In The Rain ini. Berdasarkan dari hasil Penelitian ini, diantaranya: a) Moral dalam hubungan manusia dengan manusia yang lainnya dalam ruang lingkup sosial. Moral ini terdiri dari 1.Kekeluargaan, pada bagian ini juga dibagi beberapa bagian diantaranya: a. Menghormati orang tua, b. Kasih sayang Eyang Uti Dan Mbok Tuminten saat menenangkan Banyu. 2. Persahabatan, pada bagian ini juga terdapat beberapa bagian, diantaranya: a. Memberikan kejutan ulang tahun sahabat, b. Memuji kemampuan sahabat yang memiliki kekurangan, c. Memberikan dukungan ke sahabat, d. Bermain bersama. 3. Tolong menolong sesama manusia, pada bagian ini terdiri atas: a. Tolong menolong saat ada yang menganggu, b. Menolong yang lemah. 4. Bertanggung jawab, bagian ini teridiri atas: a. Mengucapkan maaf, b. Perwalian. 5. Interaksi sosial, pada bagian ini terdiri atas: a. Mengucapkan terimakasih, b. Bersalaman, c. Menasihati. 6. Bersabar menghadapi orang yang menghina, yang terdiri atas: a. Eyang Uti sabar ketika menghadapi Mama Radin yang menghina cucunya. b) Moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri. Moral ini juga terdiri atas beberapa bagian, diantaranya: 1. Berkompetisi dan 2. Berprestasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Roland Barthes, Film, Kasih Sayang, Nilai moral, Persahabatan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:44
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.