Interaksi Sosial Siswa Pengguna Cadar dalam Pembentukan Karakter (Studi di SMAIT Alia Kec.Kelapa Dua Kab. Tangerang)

Oktavia, Ramadhani An Nisa Arhani (2022) Interaksi Sosial Siswa Pengguna Cadar dalam Pembentukan Karakter (Studi di SMAIT Alia Kec.Kelapa Dua Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210146_COVER.pdf

Download (53kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210146_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210146_BAB I.pdf

Download (495kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_161210146_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_161210146_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (546kB)
[img] Teks
S_PAI_161210146_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210146_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210146_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Wanita bercadar mereka seringkali mengalami keterbatasan untuk mudah di kenali dan mereka terbatas dalam berkomunikasi ataupun kontak sosial dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Ketika kita berinteraksi sosial maka kita akan mengalami pendekatan dengan masyarakat, dimana dalam pergaulan sosial di kehidupan sehari -hari terdapat kelompok - kelompok sosial masing-masing yang berbeda, yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter kita. Fokus penelitian ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana interaksi sosial siswa pengguna cadar di SMAIT Aliya ? 2) Bagaimana pembentukan karakter siswa pengguna cadar di SMAIT Aliya? 3) Bagaimana interaksi sosial siswa pengguna cadar di SMAIT Aliya dalam pembentukan karakter ? penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial siswa pengguna cadar di SMAIT Alia. 2) Untuk mengetahui bagaimanapembentukan kara kter siswa pengguna cadar di SMAIT Alia. 3) Untuk mengetahui apakah interaksi sosial siswa pengguna cadar di SMAIT Alia mempengaruhi dalam pembentukan karakter.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen melalui pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan gambaran. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang telah ditemui dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Interaksi sosial siswa bercadar dengan siswa tidak bercadar terdapat rasa cangung terutama dengan siswa tidak bercadar yang merasa siswa bercadar hanya dapat bergabung dengan kelompok siswa yang bercadar dan terdapat rasa kesulitan komunikasi di karenakan terhalang cadar membuat suara tidak terdengar 2.Pembentukan karakter siswa bercadar sangat baik, terutama dalam sikap jujur dan disiplin di kehidupan sehari-hari nya lalu siswa bercadar lebih memahami dan mendalami dalam pengetahuan agamanya pada hal inilah dapat dilihat pembentukan kara kter religiusnya akan tetapi siswa bercadar memiliki sikap yang lebih pendiam di banding siswa lainnya dan siswa bercadar terkadang lebih tertutup juga. 3. Siswa bercadar dapat berinteraksi dengan siapa saja akan tetapi mereka lebih terbuka dengan siswa bercadar lainnya yang dapat membentuk karakter mereka dengan baik dikarenakan lingkungan sekitar mereka terutama dalam memahami mengenai agama yang pada akhirnya dapat membentuk karakter keseharian mereka akan tetapi mereka kurang terbuka dengan siswa yang tidak bercadar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Interaksi, Cadar, Karakter
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2022 02:46
Perubahan Terakhir: 06 Des 2022 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.