KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA (Studi Kasus di Jurusan BKI IAIN “SMH” Banten),

ROSITA, RITA (2015) KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA (Studi Kasus di Jurusan BKI IAIN “SMH” Banten),. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (465kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II .pdf

Download (210kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (252kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V .pdf

Download (139kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Semester akhir adalah situasi yang mencemaskan, dimana mahasiswa harus menyelesaikan skripsi dan memikirkan dunia kerja. Namun menghadapi dunia kerja dan mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan, banyak kendala atau kesulitan-kesulitan yang dialami dalam mengadapi dunia kerja baik bersifat internal maupun eksternal, sehingga mahasiswa semester akhir mengalami kecemasan yang ditandai dengan perasaan tegang, khawatir dan takut bila menghadapi situasi yang membahayakan, seperti dalam menghadapi dunia kerja pada saat sesudah lulus kuliah nanti. Dari uraian diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kondisi kecemasan mahasiswa jurusan BKI semester akhir ketika akan menghadapi dunia kerja, 2) Bagaimana upaya lembaga dalam mengatasi kecemasan mahasiswa semester akhir jurusan BKI dalam menghadapi dunia kerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kondisi mahasiswa semester akhir yang mengalamikecemasan ketika menghadapi dunia kerja. 2) Untuk mengetahui cara mengatasi kecemasan mahasiswa semester akhir ketika menghadapi dunia kerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini sebanyak 45 sampel dan yang di wawancarai sebanyak 5 orang mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2011 Fakultas Ushuluddin Dakwah dan Adab. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa semester akhir mengalami kecemasan berupa khawatir, takut, gelisah dan bingung ketika akan memasuki dunia kerja. Tingkat kecemasan mahasiswa semester akhir jurusan BKI berada pada tingkat tinggi atau berat yang mencapai 51%. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh lembaga yaitu dengan menyelenggarakan workshop, seminar, kuliah umum serta kursus-kursus bahasa asing yang diselengarakan baikoleh Jurusan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Counseling Movie (COVIE), Comunity of Counselor (COC) atau komunitas-komunitas kalangan mahasiswa BKI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Psikologi, Dunia Usaha, organisasi,
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:49
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.