Mulyani, Holin (2022) Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran pada Anak Tunanetra (Studi kasus di SKH Negeri 1 Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210010_Cover.pdf Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210010_Lampiran Depan.pdf Download (547kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210010_Bab I.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210010_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (272kB) |
||
Teks
S_PAI_181210010_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (120kB) |
||
Teks
S_PAI_181210010_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (189kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210010_Bab V.pdf Download (76kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210010_Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, memperoleh informasi terkait pelaksanaan, problematika dan strategi Guru PAI dalam pembelajaran membaca Alquran pada anak tunanetra di SKH Negeri 1 Kabupaten Tangerang. Manfaat dari penelitian ini adalah guna bisa memberikan sumbangan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan juga bisa memperoleh ke penerima informasi, murid, dan pengkaji tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran membaca Alquran pada anak tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus karena data-datanya berasal dari lapangan yaitu obyek terkait ialah guru PAI dan anak yang menyandang kebutuhan khusus tunanetra di SKH Negeri 01 Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini data diambil dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran anak tunanetra di SKH Negeri 1 Kabupaten Tangerang meliputi tiga tahapan: Pertama, kegiatan pembuka pembelajaran. Kedua, tahap kegiatan inti. Ketiga, tahap kegiatan penutup. Problematika yang dihadapi peserta didik adalah cukup sulit dan lama dalam memahami serta mengingat simbol tajwid pada Alquran braile. Problematika pembelajaran membaca Alquran anak tunanetra yang dihadapi guru adalah terbatasnya waktu pembelajaran, ruang belajar kurang nyaman yang membuat suara guru SMPLB dan SMALB kerap bertabrakan serta guru yang belum memiliki kompetensi ilmu Alquran khusus tunanetra. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan pendekatan individual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran pada anak tunanetra dengan menggunakan strategi langsung belum maksimal dikarenakan ada beberapa problematika yang muncul.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pembelajaran Guru, Membaca Alquran, Anak Tunanetra |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 28 Nov 2022 06:39 |
Perubahan Terakhir: | 28 Nov 2022 06:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
Lihat Item |