Pengaruh Penjualan Barang Konsinyasi terhadap Pendapatan (Studi Kasus Toko Kelontong, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten)

Hendriani, Aan (2022) Pengaruh Penjualan Barang Konsinyasi terhadap Pendapatan (Studi Kasus Toko Kelontong, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410040_COVER.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410040_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (612kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410040_BAB I.pdf

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_ES_181410040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_ES_181410040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410040_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penjualan barang konsinyasi dalam menunjang aktivitas usaha tidak perlu mengeluarkan dana. Tetapi masih banyak pemilik toko kelontong yang tidak ingin menjualnya. Penelitian ini di dukung oleh teori penjualan dan pendapatan, dimana kedua teori tersebut saling berkesinambungan. Jadi, jika pemilik toko kelontong yang berada di Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten. Memanfaatkan penjualan barang konsinyasi ini dengan baik. Hal ini pasti akan menambah kenaikan pendapatan yang bisa didapatkan oleh para pemilik toko kelontong. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh penjualan barang konsinyasi terhadap pendapatan toko kelontong di Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten?. 2). Bagaimana penjualan barang konsinyasi terhadap pendapatan menurut perspektif ekonomi Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui apakah penjualan barang konsinyasi berpengaruh terhadap pendapatan toko kelontong di Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. 2). Untuk mengetahui pengaruh penjualan barang konsinyasi menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner, untuk analisis data peneliti menggunakan statistik inferensial. Adapun pengujiannya dengan uji instrumen data (uji validitas dan uji reabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas), analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis (uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2)). Secara keseluruhan disimpulkan bahwa penjualan barang konsinyasi (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan (Y). Hal ini ditunjukan oleh uji regresi X sebesar 0,417, dan dari hasil uji t untuk variabel X yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga kesimpulan nya adalah H0 di tolak dan Ha di terima. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 0,358 atau sebesar 35,8%. Penjualan barang konsinyasi terhadap pendapatan telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam baik dalam akad, produk, serta perhitungan pembagian keuntungan. Seluruhnya tidak terdapat unsur yang melanggar prinsip Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penjualan, Konsinyasi, Pendapatan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 01:37
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 01:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.