Idrus, Idrus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Lagu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi di MTs Darul Arqom Muhammadiyah Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210188_Cover.pdf Download (137kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210188_Lampiran Depan.pdf Download (544kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210188_BAB I.pdf Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210188_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (535kB) |
||
Teks
S_PAI_161210188_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
Teks
S_PAI_161210188_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (789kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210188_BAB V.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210188_Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio lagu pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas VII MTs Darul Arqom Muhammadiyah Kota Serang-Banten. Produk lagunya berjudul “Kisah Nabi Ibrahim AS”. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengembangkan media ini adalah dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket (kuesioner), Wawancara dan Dokumentasi. Uji coba dilakukan pada 15 siswa pada tahap uji coba awal, 30 siswa pada tahap uji coba utama, dan 60 siswa pada uji coba operasional di kelas VII MTs Darul Arqom Muhammadiyah Kota Serang-Banten. Untuk meneliti motivasi belajar siswa dilakukan pada 60 siswa Ketika sebelum dan sesudah uji coba operasional di kelas VII MTs Darul Arqom Muhammadiyah Kota Serang-Banten.. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran scrabble yang telah dinyatakan layak oleh validator materi yang mendapatkan skor 4,28 dengan kriteria “sangat baik” dan oleh validator musik yang mendapatkan skor 4,28 dengan kriteria “baik”. Hasil analisis dari tanggapan siswa tahap lapangan awal mendapatkan skor 4,35 dengan kriteria “sangat baik”, uji kelayakan pengguna tahap lapangan utama mendapatkan skor 4,41 dengan kriteria “sangat baik”, dan uji kelayakan pengguna tahap lapangan operasional mendapatkan skor 4,48 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi intrinsik siswa mengalami peningkatan yaitu 4.26-3.77= 0,49 dengan persentasenya (4.26-3.77) / 3.77= 12.9% dan kriterianya dari yang baik menjadi sangat baik. Motivasi ekstrinsik mengalami peningkatan yaitu 4.21-3.66= 0,46 dengan persentasenya (4.21-3.75) / 3.75= 12.3% dan kriterianya dari yang baik menjadi sangat baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Audio Lagu Kisah Nabi Ibrahim AS, Motivasi Belajar Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2022 08:11 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2022 08:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10195 |
Actions (login required)
Lihat Item |