Analisis Peluang Usaha Kreatif Berbasis Digital di Masa Pandemi (Studi pada Pelaku Usaha Kreatif Berbasis Digital)

Ravita, Rosa Linanda (2022) Analisis Peluang Usaha Kreatif Berbasis Digital di Masa Pandemi (Studi pada Pelaku Usaha Kreatif Berbasis Digital). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410060_COVER.pdf

Download (195kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410060_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410060_BAB I.pdf

Download (545kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img] Teks
S_EIS_181410060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (202kB)
[img] Teks
S_EIS_181410060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (242kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410060_BAB V.pdf

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Freelancer merupakan pelaku usaha kreatif berbasis digital yang mulai diminati oleh masyarakat, hal ini dibuktikan dari jumlah anggota komunitas Freelancer Indonesia di media sosial Faceebook telah mencapai 83.106 anggota. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja peluang usaha kreatif berbasis digital yang dapat dilakukan di masa pandemi Covid-19, Bagaimana cara menjalankan usaha kreatif berbasis digital tersebut, dan apakah peluang usaha kreatif menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peluang usaha kreatif berbasis digital yang dapat dilakukan di masa pandemi Covid-19, bagaimana cara menjalankan usaha kreatif berbasis digital tersebut, dan apakah peluang usaha kreatif menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan tenik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peluang usaha kreatif yang dapat dijalankan di masa pandemi yaitu menjadi seorang freelancer, portrait illustrator, video editor, dan desainer grafis. Untuk menjadi pelaku usaha kreatif berbasis digital diperlukan kreatifitas yang tinggi, pandai melakukan promosi, membuat kontrak, apabila klien ingin membeli jasa maka langkah selanjutnya adalah melakukan transaksi. Dengan memadukan kreatifitas dengan teknologi akan meghasilkan usaha kreatif berbasis digital. Di mana usaha kreatif berbasis digital ini merupakan sebuah solusi bagi perekonomian masyarakat ditengah pandemi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peluang, Kreatif, Freelancer, Digital
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:04
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.