Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi yang Ditawarkan Shopee Pay terhadap Minat Mengisi Ulang Saldo Studi pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Utami, Yulianis (2022) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi yang Ditawarkan Shopee Pay terhadap Minat Mengisi Ulang Saldo Studi pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410086_COVER.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410086_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410086_BAB I.pdf

Download (788kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410086_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (629kB)
[img] Teks
S_EIS_181410086_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_EIS_181410086_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (708kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410086_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410086_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi keuangan yang semakin pesat. Salah satunya yaitu dompet digital yang muncul seiring berkembangnya e-commerce di Indonesia yang beraneka ragam, salah satunya yaitu Shopee yang mengembangkan sistem pembayaran dompet digital bernama Shopee Pay yang diterbitkan oleh perusahaan yang sama dengan e-commerce tersebut. Penerimaan seseorang terhadap teknologi dipengaruhi oleh faktor persepsi kemudahan dan persepsi risiko yang ada didalamnya. Faktor tersebut pula yang mempengaruhi minat mengisi ulang saldo Shopee Pay pada seseorang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh persepsi kemudahan yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo, bagaimana pengaruh persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo, dan bagaimana pengaruh kemudahan dan persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo, menganalisis pengaruh persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo, dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay terhadap minat mengisi ulang saldo. Penelitian ini menggunakan metode analisis metode analisis kuantitatif dengan Analisis Regresi Logistik Biner yang terdiri dari Penilaian keseluruhan Model (Overall of Fit Test), Uji Kelayakan Model (Goodness of Fit), Koefisien Determinasi (Nagelkerke R Square), Matriks Klasifikasi, dan Uji Hipotesis dengan Uji Wald dan Uji Omnibus Tes dengan bantuan program IBM SPSS 23. iii Hasil analisis data yang dilakukan dengan Regresi Logistik Biner menunjukkan bahwa kemungkinan persepsi kemudahan dan persepsi risiko dalam menjelaskan minat beli ulang saldo sebesar 21,6% dan 78,4% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diambil oleh penelitian. Secara parsial, persepsi kemudahan yang ditawarkan Shopee Pay berpengaruh terhadap minat mengisi ulang saldo. Sebaliknya, secara parsial persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay tidak berpengaruh terhadap minat mengisi ulang saldo. Meskipun begitu, secara simultan, persepsi kemudahan dan persepsi risiko yang ditawarkan Shopee Pay memiliki pengaruh terhadap minat mengisi ulang saldo.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Financial Technology, Dompet Digital, Shopee Pay, Regresi Logistik Biner
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 06:54
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2022 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.