Jhakiyah, Neng Jahroh (2022) Pengaruh Model cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Materi Transportasi Siswa dengan Media Lembar Kerja (Kuasi Eksperimen pada Kelas IV MI Mathlaul’ul Anwar Pusat Menes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_132400603_COVER..pdf Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_132400603_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (444kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_132400603_BAB I.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_132400603_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (272kB) |
||
Teks
S_PGMI_132400603_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
||
Teks
S_PGMI_132400603_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (437kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_132400603_BAB V.pdf Download (121kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_132400603_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model cooperative Learning Tipe Think talk write ini berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Transportasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Mathla’ul anwar Pusat Menes Kecamatan Menes Pandeglang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan pedoman observasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa dan siswi MI Mathla’ul anwar Pusat Menes semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kecamatan Menes Pandeglang. Dengan sampel siswa dan siswi kelas IVA sebanyak 31 siswa, dan kelas IVB sebanyak 31 siswa Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, ttingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan tes- t. Hasil Belajar IPS materi Transportasi dengan menggunakan Model cooperative Learning Tipe Think talk write memberikanm pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar post test yang diajarkan dengan menggunakan Model cooperative Learning Tipe Think talk write pada kelas Eksperimen memperoleh rata-rata nilai post-test 77.90 dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 59.19. Penggunaan Model cooperative Learning Tipe Think talk write berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan Transportasi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Cooperative Learning, Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, IPS |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:11 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10127 |
Actions (login required)
Lihat Item |