Implementasi Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Mengmebangkan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Irfan Kota Serang

Umarudin, Umarudin (2022) Implementasi Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Mengmebangkan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Irfan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250016_Cover.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_161250016_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (850kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250016_Bab I.pdf

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_161250016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img] Teks
S_MPI_161250016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (129kB)
[img] Teks
S_MPI_161250016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250016_Bab V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250016_Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Budaya 5S (senyum, salam,sapa, sopan, santun) dalam Mengembangkan Karakter peserta didik, yang meliputi perencanaan Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik, pengimplementasian Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik, serta evaluasi Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Irfan Kota Serang. Metode Penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran. Guru BK, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan implementasi Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Darul Irfan Kota Serang adalah dengan cara mencantumkan pendidikan karakter dalam visi misi sekolah, mencantumkan Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam program pembiasaan spontan, dan memasukkan kegiatan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan sudah cukup baik, dengan aadanya pembiasaan penerapan buadaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam segala aspek kegiatan. Evaluasi bimbingan dan konseling meliputi evaluasi program, Evaluasi implementasi Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Darul Irfan Kota Serang dilakukan secara kasat mata oleh semua figure. Beberapa diantaranya adalah dengan cara menegur, memotivasi, memberi nasehat, dan memanggil orang tua siswa apabila sikap siswa sudah tak dapat dikendalikan lagi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi Budaya 5S, Pendidikan Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Nov 2022 07:34
Perubahan Terakhir: 11 Nov 2022 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.