Umarudin, Umarudin (2022) Implementasi Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Mengmebangkan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Irfan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_161250016_Cover.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250016_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (850kB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250016_Bab I.pdf Download (330kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250016_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
||
Teks
S_MPI_161250016_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (129kB) |
||
Teks
S_MPI_161250016_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (417kB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250016_Bab V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250016_Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Budaya 5S (senyum, salam,sapa, sopan, santun) dalam Mengembangkan Karakter peserta didik, yang meliputi perencanaan Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik, pengimplementasian Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik, serta evaluasi Budaya 5S dalam mengembangkan karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Irfan Kota Serang. Metode Penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran. Guru BK, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan implementasi Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Darul Irfan Kota Serang adalah dengan cara mencantumkan pendidikan karakter dalam visi misi sekolah, mencantumkan Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam program pembiasaan spontan, dan memasukkan kegiatan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan sudah cukup baik, dengan aadanya pembiasaan penerapan buadaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam segala aspek kegiatan. Evaluasi bimbingan dan konseling meliputi evaluasi program, Evaluasi implementasi Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Darul Irfan Kota Serang dilakukan secara kasat mata oleh semua figure. Beberapa diantaranya adalah dengan cara menegur, memotivasi, memberi nasehat, dan memanggil orang tua siswa apabila sikap siswa sudah tak dapat dikendalikan lagi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Budaya 5S, Pendidikan Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Nov 2022 07:34 |
Perubahan Terakhir: | 11 Nov 2022 07:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10117 |
Actions (login required)
Lihat Item |