Kinerja Guru dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Belajar Siswa di SDN Tegal Maja Kragilan Serang Banten

Nursafithri, Nursafithri (2022) Kinerja Guru dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Belajar Siswa di SDN Tegal Maja Kragilan Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250001_Cover.pdf

Download (129kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250001_Lampiran Depan.pdf

Download (803kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250001_Bab I.pdf

Download (292kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_181250001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (357kB)
[img] Teks
S_MPI_181250001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img] Teks
S_MPI_181250001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (356kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250001_Bab V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250001_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kinerja guru di SDN Tegal Maja. 2) Untuk mengetahui disipin belajar siswa di SDN Tegal Maja. 3) Untuk mengetahui kinerja guru dalam menumbuhkan sikap disiplin belajar siswa di SDN Tegal Maja. 4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dalam menumbuhkan sikap disiplin belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Tegal Maja ini sudah bagus, rata-rata baik, disiplinnya juga bagus, kinerja dalam mengajarnya bagus, disiplin kemudian pembelajaran ke anaknya tersampaikan. kinerja guru di sekolah tersebut juga sudah baik dan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Contoh dari disiplin belajar itu sendiri yaitu tepat waktu datang ke sekolah, minta izin bila akan keluar kelas, mentaati tata tertib sekolah, manfaatkan waktu secara efektif dan efisien untuk belajar, dan jika ada tugas dikerjakan. Kedisiplinan sekolah mencakup kedisiplinan guru dalam mengajar dengan melaksanakan tata tertib dan bekerja dengan disiplin membuat siswa menjadi disiplin pula, selain itu juga memberikan pengaruh yang positif terhadap belajarnya, hal mana dalam proses belajar siswa perlu disiplin untuk mengembangkan motivasi yang kuat. Cara menumbuhkan sikap disiplin belajar siswa itu yang pertama belajar, belajar itu kalo perlu diawasi terutama ditemani seorang guru di sekolah dengan cara dipantau, dibimbing, jika di rumah terutama kalo interaksi guru dengan orangtua ada koneksi dengan baik maka dari itu otomatis akan menanamkan sikap disiplin belajar siswa. Faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja guru dalam menumbuhkan sikap disiplin belajar siswa adalah sebagai berikut: Faktor pendukung dari segi peralatan kemudian dari segi pembelajaran dengan cara diberikan arahan dengan baik, baik dari segi belajar dikelas ataupun dilapangan. Faktor penghambat yaitu jika guru berhalangan hadir, kemudian dari program sekolah seperti kurikulum tidak dijalankan dengan sesuai, jika orangtua tidak mendukung siswa dengan menemani belajar dan menanyakan kegiatan disekolah maka tidak akan berjalan dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kinerja Guru, Sikap Disiplin Belajar, Kinerja Guru, Sikap Disiplin Belajar Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:33
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.