Analisis Strategi SWOT dalam Perkembangan Produk Asuransi Kesehatan Studi Kasus pada Perusahaan Asuransi Umum BumiPutera Muda 1967 Cabang Serang

Nursyahida, Silvia (2022) Analisis Strategi SWOT dalam Perkembangan Produk Asuransi Kesehatan Studi Kasus pada Perusahaan Asuransi Umum BumiPutera Muda 1967 Cabang Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430044_COVER.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430044_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430044_BAB I.pdf

Download (198kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_AS_181430044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (157kB)
[img] Teks
S_AS_181430044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (235kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430044_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430044_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Minimnya pemahaman tentang kesehatan pada tubuh manusia dan Tingginya angka kesakitan juga berdampak pada biaya kesehatan, yang pada akhirnya akan membebani pada perekonomian. Hal ini berkaitan dengan besarnya beban ekonomi atau dana yang harus dikeluarkan untuk berobat, serta hilangnya pekerjaan atau pendapatan akibat tidak bekerja. Jika kita mempunya polis asuransi kesehatan maka setidaknya beban biaya akan sedikit berkurang karena ditanggung oleh penanggung atau perusahaan asuransi. Semakin meningkatnya akan kesadaran masyarakat terhadap antisipasi resiko khususnya kesehatan, dan menyeimbangkan perusahan asuransi yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang salah satunya adalah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, yang bisa disebut dengan istilah PT. BUMIDA Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perkembangan produk Asuransi Kesehatan di PT Asuransi Umum BumiPutera Muda ? 2) Bagaimana untuk meningkatkan minat produk Asuransi kesehatan di PT. Asuransi Umum BumiPutera Muda? 3) Bagaimana Analisis Produk Asuransi Kesehatan Pada PT. BumiPutera muda serang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui perkembangan produk Asuransi Kesehatan di PT Asuransi Umum BumiPutera Muda 2) Untuk mengetahui cara meningkatkan minat produk Asuransi kesehatan di PT. Asuransi Umum BumiPutera Muda 3) Untuk Menganalisis Produk Asuransi Kesehatan Pada PT. BumiPutera muda serang Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dengan metode analisis SWOT meliputi matriks SWOT, matriks IFAS, EFAS dan IE. Dimana metode ini digunakan untuk mengetahui perkembangan produk asuransi kesehatan di PT. BUMIDA Serang. Berdasarkan penelitian bahwa Perkembangan produk asuransi kesehatan di PT. Asuransi Umum BumiPutera Muda Serang mengalami penurunan penurunan dari yang biasanya di atas 80%, akan tetapi sekarang perusahaan BumiPutera Muda hanya bermain dibawah 60% dikarenakan adanya arahan dari pemerintah untuk menggunakan BPJS. Adapun untuk meningkatkan minat asuransi kesehatan yaitu dengan cara menambahkan benefit ke dalam produk asuransi kesehatan. Berdasarkan hasil analisis faktor internal menggunakan matriks IFAS dengan skor total sebesar 2.44. Sedangkan hasil analisis faktor eksternal menggunakan matriks EFAS dengan skor total sebesar 2,88. Dari dua nilai tersebut produk asuransi kesehatan PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda Serang pada matriks IE berada pada posisi sel ke V yaitu hold (tahan) dan maintain (memelihara). Strategi yang cocok adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis SWOT, Perkembangan, Produk Asuransi Kesehatan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:40
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.