Pengembangan Modul Bergambar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru di Kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung

Ramadhan, Dwiki (2022) Pengembangan Modul Bergambar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru di Kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210082_Cover.pdf

Download (54kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210082_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210082_Bab I.pdf

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210082_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (277kB)
[img] Teks
S_PAI_171210082_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (181kB)
[img] Teks
S_PAI_171210082_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210082_Bab V.pdf

Download (76kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210082_Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengembangan modul bergambar akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul bergambar akidah akhlak pada materi adab terhadap orang tua dan guru di kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (R&D) Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono dengan menggunakan tujuh tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menggunakan angket. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak, siswa kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung, ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul bergambar yang sangat efektif digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh presentase 84%, ahli materi 88%, guru mata pelajaran Akidah Akhlak 87%, dan siswa memperoleh presentase 88% jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Dan motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung mengalami peningkatan setelah menggunakan modul bergambar pada materi adab terhadap orang tua dan guru mata pelajaran akidah akhlak, yaitu dengan perolehan presentase 43,0% sebelum menggunakan modul bergambar menjadi 91,4% setelah menggunakan modul bergambar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul Bergambar, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak, Adab terhadap Orang Tua dan Guru
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 04:14
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.