Ramadhan, Dwiki (2022) Pengembangan Modul Bergambar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru di Kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210082_Cover.pdf Download (54kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210082_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210082_Bab I.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210082_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (277kB) |
||
Teks
S_PAI_171210082_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (181kB) |
||
Teks
S_PAI_171210082_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210082_Bab V.pdf Download (76kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210082_Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengembangan modul bergambar akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul bergambar akidah akhlak pada materi adab terhadap orang tua dan guru di kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (R&D) Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono dengan menggunakan tujuh tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menggunakan angket. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak, siswa kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung, ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul bergambar yang sangat efektif digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh presentase 84%, ahli materi 88%, guru mata pelajaran Akidah Akhlak 87%, dan siswa memperoleh presentase 88% jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Dan motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs Darul-Ibtida Rangkasbitung mengalami peningkatan setelah menggunakan modul bergambar pada materi adab terhadap orang tua dan guru mata pelajaran akidah akhlak, yaitu dengan perolehan presentase 43,0% sebelum menggunakan modul bergambar menjadi 91,4% setelah menggunakan modul bergambar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul Bergambar, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak, Adab terhadap Orang Tua dan Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 04:14 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 04:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10090 |
Actions (login required)
Lihat Item |