Penerapan Metode Kaisa Pengaruhnya terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Terjemah Ayat Al-Quran Kelas VII MTs Darul Amanah Kec. Cikeusal, Kab. Serang

Adzim, Erik Fadhlul (2022) Penerapan Metode Kaisa Pengaruhnya terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Terjemah Ayat Al-Quran Kelas VII MTs Darul Amanah Kec. Cikeusal, Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210117_Cover.pdf

Download (121kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210117_Lampiran Depan.pdf

Download (721kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210117_Bab I.pdf

Download (247kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210117_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (508kB)
[img] Teks
S_PAI_171210117_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
S_PAI_171210117_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (546kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210117_Bab V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210117_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Alquran adalah pedoman hidup bagi umat islam, mengajarkan Alquran dan maknanya dibutuhkan metode yang tepat agar siswa mudah menghafal dan tertarik untuk mempelajarinya. Metode kaisa adalah metode menghafal ayat-ayat Alquran dengan sistem kinestetik atau menggunakan gerak tubuh yang disesuaikan dengan terjemah. Dalam proses pembelajaran, terkadang siswa merasa kurang bersemangat dan tidak memiliki ketertarikan belajar dalam menghafal terjemah ayat Alquran. Dalam hal ini diperlukannya suatu metode yang bisa meningkatkan dan mendorong motivasi belajar siswa diantaranya dengan diterapkannya metode kaisa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kaisa pada materi terjemah ayat Alquran di kelas VII MTs Darul Amanah. 2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada materi terjemah ayat Alquran di kelas VII MTs Darul Amanah. 3) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kaisa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi terjemah ayat Alquran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. penulis mengumpulkan data dari 50 orang siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penulis melakukan pengumpulan data dengan memberikan lembar kuesioner. Berdasarkan hasil yang didapatkan, penulis mendeskripsikan hasil peneltian dengan menggunakan rumus to (t-hitung). Hasil dari to = 7,9 (to) > 2,01 (tt) dalam taraf signifikasi 5% dan to = 7,9 (to) > 2,68 (tt) dalam taraf signifikasi 1%. Kemudian membandingkan dengan setiap nilai derajat yang diperoleh dari hasil perhitungan, hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (ho) ditolak. penulis dapat menyimpulkan bahwa Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa metode Kaisa efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi terjemah ayat Alquran kelas VII MTs Darul Amanah Kec. Cikeusal, Kab. Serang, karena memperoleh hasil yang signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Kaisa, Motivasi Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 19 Okt 2022 06:43
Perubahan Terakhir: 19 Okt 2022 06:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.