Teknik Penguatan Positif untuk Meningkatkan Minat Literasi di Era Digital pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Huzaemah, Siti Eem (2022) Teknik Penguatan Positif untuk Meningkatkan Minat Literasi di Era Digital pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520011_Cover.pdf

Download (51kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520011_Lampiran Depan.pdf

Download (695kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520011_Bab I.pdf

Download (348kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520011_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (677kB)
[img] Teks
S_BKI_181520011_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_BKI_181520011_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520011_Bab V.pdf

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520011_Daftar Pustaka.pdf

Download (597kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Literasi merupakan suatu kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang, termasuk mahasiswa. Mahasiswa dikenal dengan sebutan agent of change, akademisi ataupun kaum intelek yang merupakan salah satu elemen masyarakat yang dekat dengan dunia literasi. Literasi menjadi penunjang selama berada di bangku perkuliahan, oleh karenanya literasi sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa. Apalagi dengan berkembangnya peradaban dan kemudahan yang ada, literasi menjadi hal yang wajib untuk dikembangkan, terkhususnya literasi dalam membaca. Akan tetapi, realita yang terjadi pada beberapa mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin masih rendah dan ketertarikan terhadap membaca masih kurang. Sehingga perlunya suatu upaya dalam meningkatkan literasi dengan menggunakan layanan konseling dengan teknik reinforcement positive (penguatan positif). Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui bagaimana minat literasi di era digital pada responden. 2) Untuk mengaplikasikan teknik penguatan positif dengan konseling individual pada responden. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat serta pendukung dalam penerapan teknik penguatan positif untuk meningkatkan minat literasi di era digital pada responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode analisis yang digunakan merujuk pada teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil dalam penelitian ini, yaitu responden mengalami minat baca yang rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Sehingga peneliti melakukan layanan konseling individual dengan konseling behavioral menggunakan teknik penguatan positif sebanyak 4-5 kali pertemuan. Peneliti mendapatkan beberapa hal perubahan positif pada diri responden, seperti intensitas membaca, kesadaran membaca, serta kepercayaan diri yang mulai sedikit tumbuh pada beberapa responden. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan ini dibagi menjadi tiga, yaitu dari peneliti, responden, dan teknis pemberian layanan itu sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Penguatan Positif, Era Digital, Literasi
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 03:24
Perubahan Terakhir: 18 Okt 2022 03:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.