Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Bagan Perilaku (Behavior Chart) dalam Melatih Kedisiplinan Anak (Studi di Yayasan Panti Asuhan Amanah Assodiqiyah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang)

Jamilatussolihat, Hikmah (2022) Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Bagan Perilaku (Behavior Chart) dalam Melatih Kedisiplinan Anak (Studi di Yayasan Panti Asuhan Amanah Assodiqiyah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400460_Cover.pdf

Download (61kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400460_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400460_Bab I.pdf

Download (343kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_153400460_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_BKI_153400460_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (223kB)
[img] Teks
S_BKI_153400460_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400460_Bab V.pdf

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400460_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Disiplin merupakan suatu kondisi psikologis yang terbentuk dari adanya pelatihan yang sengaja dilakukan agar seseorang terbiasa tertib dan taat pada aturan atau norma yang berlaku. Kedisiplinan tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan terbentuk melalui orang–orang yang berada di lingkungan sekitarnya, seperti orang tua, guru, atau orang dewasa lainnya. Masa anak-anak merupakan masa yang tepat untuk melatih kedisiplinan. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran perilaku disiplin anak–anak di Yayasan Panti Asuhan Amanah Assodiqiyah? 2) Bagaimana penerapan dan hasil konseling kelompok dengan teknik bagan perilaku (behavior chart) dalam melatih kedisiplinan anak?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-tindakan dengan mengacu pada penelitian tindakan (Action Research). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen. Responden yang diteliti berjumlah 4 orang dengan waktu penelitian mulai dari Oktober 2021 sampai April 2022 di Yayasan Panti Asuhan Amanah Assodiqiyah. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Beberapa anak di Yayasan Panti Asuhan memiliki permasalahan dengan perilaku kedisiplinannya seperti sulit untuk pergi tidur pada waktunya, tidak segera melaksanakan salat subuh, dan tidak melaksanakan piket harian. 2) Penerapan layanan konseling kelompok dengan bagan perilaku (behavior chart) menggunakan 4 tahapan, di antaranya: 1) Asesmen, tahap ini berguna untuk menemukan fokus masalah, 2) Penetapan tujuan (goal setting), pada tahap ini penulis bersama responden sepakat untuk menetapkan tujuan dari konseling yang dilaksanakan yaitu merubah perilaku disiplin pada diri responden, 3) Implementasi tindakan, setelah menetapkan tujuan maka proses konseling berlanjut ke tahap pelaksanaan yakni mencatat setiap perubahan perilaku disiplin yang telah disepakati dengan menggunakan skor sebagai tolak ukur perubahan perilaku, dan 4) Evaluasi tindakan, tahap ini dilakukan setelah tahapan 1-3 telah dilaksanakan. Hasil dari penerapan layanan konseling kelompok dengan bagan perilaku (behavior chart) menunjukkan 3 dari 4 anak mengalami peningkatan perubahan perilaku disiplin secara berkala dan 1 dari 4 anak tidak terlalu mengalami peningkatan dalam perilaku disiplin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Disiplin, Behavior Chart, Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 06:48
Perubahan Terakhir: 18 Okt 2022 06:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.