Spiritual Emotional Freedom Technique dalam Mengurangi Kecemasan terhadap Pandemik Covid-19 (Studi di Komplek Sumurpecung Baru RT/RW 02/20 Kota Serang)

Riani, Santika (2022) Spiritual Emotional Freedom Technique dalam Mengurangi Kecemasan terhadap Pandemik Covid-19 (Studi di Komplek Sumurpecung Baru RT/RW 02/20 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340075_Cover.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340075_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340075_Bab I.pdf

Download (645kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_171340075_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img] Teks
S_BKI_171340075_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_BKI_171340075_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (792kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340075_Bab V.pdf

Download (396kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340075_Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kecemasan merupakan emosi subjektif yang membuat individu tidak nyaman, ketakutan yang tidak jelas dan gelisah, dan disertai respon otonom, di komplek sumur pecung ini terdapat beberapa orang yang mengalami kecemasan akibat virus covid 19. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana tingkat kecemasan warga Komplek Sumurpecung Baru tentang pandemic Covid-19? 2. Bagaimana penerapan iSpiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam mengurangi kecemasan pandemic Covid-19 pada warga Komplek Sumurpecung Baru? 3. Apa faktor penghambat dan pendukung penerapan SEFT dalam mengurangi kecemasan terhadap pandemic Covid-19? Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tingkat kecemasan warga Komplek Sumurpecung Baru terhadap pandemic Covid-19. 2. Untuk mendeskripsikan penerapan Spiritual Emotional iFreedom Technique (SEFT) dalam mengurangi kecemasan pandemic Covid-19 pada warga Komplek Sumurpecung Baru. 3. Untuk menemukan faktor penghambat dan pendukung penerapan SEFT dalam mengurangi kecemasan terhadap pandemic Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, saya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis data. Penelitian ini dilakukan di Komplek Sumurpecung Baru Kota Serang, Provinsi Banten yang dilakukan dari bulan September 2021 sampai bulan desember 2021 dengan objek penelitian sebanyak lima orang warga yang mengalami kecemasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: Kondisi psikologis masyarakat Komplek Sumurpecung YU, Y, DS, A dan M di Komplek Sumurpecung yang mengalami kecemasan meliputi: sakit kepala, sakit badan, stress, sesak dada, gangguan emosional dan juga hipertensi. Dari lima orang klien yang memiliki enam gejala kecemasan tersebut gejala sakit kepala adalah gejala yang paling berat karena idialami oleh 4 orang tersebut dan gejala paling ringan yang idialami oleh lima orang tersebut adalah hipertensi karena hanya satu orang yang mengalaminya. Konseling menggunakan teknik spiritual emotional freedom technique yang meliputi perencanaan, asesmen, treatment dan terakhir evaluasi. Proses konseling ini berjalan selama 5 kali pertemuan. Hasil penerapan dari teknik spiritual emotional freedom technique ini dapat mengatasi enam gejala tersebut kepada konseli, gejala yang paling mudah diatasi adalah sakit kepala karena dengan tapping di bagian kepala klien sudah mulai membaik dari sakit kepalanya dan yang berat adalah mengajak untuk bersosialisasi namun seiring berjalannya proses konseling gejala-gejala tersebut dapat diatasi dengan teknik spiritual emotional freedom technique ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): SEFT, Kecemasan, Warga
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 07:11
Perubahan Terakhir: 18 Okt 2022 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.