Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Akhir (Studi di Pondok Pesantren Modern Nurul Alami, Cikeusal Serang-Banten)

Syarifah, Syarifah (2022) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Akhir (Studi di Pondok Pesantren Modern Nurul Alami, Cikeusal Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520181_Cover.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520181_Lampiran Depan.pdf

Download (805kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520181_Bab I.pdf

Download (381kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520181_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (547kB)
[img] Teks
S_BKI_181520181_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_BKI_181520181_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520181_Bab V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520181_Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kedisiplinan sangatlah penting bagi pribadi, apalagi bagi pelajar atau santri yang harus memiliki kedisiplinan yang baik. Santri akhir memiliki kedisiplinan yang rendah dibandingkan dengan santri lainnya, seperti jarang mengikuti kegiatan pondok, sering terlambat kegiatan, dan bolos kegiatan. Hal tersebut disebabkan karena santri akhir kegiatannya jauh lebih padat dan santri akhir tidak bisa mengelola waktunya dengan baik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat kedisiplinan santri akhir sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di Pondok pesantren modern Nurul Alami? 2) Bagaimana tingkat kedisiplinan santri akhir sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di Pondok pesantren modern Nurul Alami? 3) Apakah layanan Bimbingan kelompok dengan teknik Self Management efektif dapat meningkatkan kedisiplinan santri akhir di Pondok pesantren modern Nurul Alami? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan santri akhir sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di Pondok pesantren modern Nurul Alami. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan santri akhir sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di Pondok pesantren modern Nurul Alami. 3) Untuk mengetahui apakah Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management efektif dapat meningkatkan kedisiplinan santri akhir di Pondok pesantren modern Nurul Alami? Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Cara pengambilan responden dalam penelitian ini dengan Purposive Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan : 1) Kedisiplinan pada santri akhir sebelum diberikan treatment sangat rendah. Hal ini didapatkan berdasarkan absensi setiap kegiatan di Pondok pesantren modern Nurul Alami yang datang kegiatan terlambat, bolos kegiatan, dan tidak mengikuti kegiatan. 2) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk meningkatkan kedisiplinan santri akhir berpengaruh positif di Pondok pesantren modern Nurul Alami. Klien mulai mampu mengelola waktunya dengan baik, dan mengikuti kegiatan tepat waktu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Self Management, Kedisiplinan, Santri Akhir
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:34
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2022 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.