Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Model ABCDEF dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak Angkat (Di Desa Kencana Harapan Kecamatan Lebak Wangi Serang-Banten)

Lutpiyah, Iya (2022) Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Model ABCDEF dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak Angkat (Di Desa Kencana Harapan Kecamatan Lebak Wangi Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340128_Cover.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340128_Lampiran Depan.pdf

Download (477kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340128_Bab I.pdf

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_171340128_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_BKI_171340128_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (188kB)
[img] Teks
S_BKI_171340128_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340128_Bab V.pdf

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340128_Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini berpangkal dari kerangka berpikir bahwa ketika seorang anak angkat dihadapkan pada keharusan penyesuaian diri terhadap orang tua angkat Ia tidak selalu merespons tuntutan penyesuaian diri dengan cara yang rasional, adakalanya merespons dengan cara irasional yang menimbulkan permasalahan bagi dirinya sendiri maupun permasalahan terhadap orang tua angkatnya sehingga penyesuaian diri terhadap orang tua angkatnya tidak mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengungkap gambaran penyesuaian diri anak angkat terhadap orang tua angkat di Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebak Wangi, Serang-Banten. (2) Untuk menerapkan REBT model ABCDEF dalam meningkatkan penyesuaian diri pada anak angkat di Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebak Wangi, Serang-Banten. (3) untuk mendeskripsikan dampak penerapan REBT model ABCDEF dalam meningkatkan penyesuaian diri pada anak angkat di Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebak Wangi, Serang-Banten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan (action research). Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan menentukan 4 anak angkat sebagai subjek penelitian dan teknik pengumpulan data dengan observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sebelum penerapan REBT model ABCDEF responden melakukan penyesuaian diri secara irasional; seperti responden AN, TI, VV merespons tuntutan penyesuaian diri dengan cara menghindar dari orang tua angkatnya dan bersikap tidak ingin terlibat dalam situasi apapun yang membuat dirinya merasa terluka, dan responden SAN melakukan penyesuaian diri dengan cara memaksakan diri memenuhi keinginan orang tua angkatnya. kedua, langkah-langkah penerapan REBT model ABCDEF dilaksanakan dalam tiga tahap pertemuan: 1. tahap awal penerapan REBT model ABC, 2. tahap inti yaitu penerapan dispute (penentangan) dan tahap akhir merupakan analisis Effect dan feeling. Ketiga, dampak dari penerapan REBT model ABCDEF yaitu responden dapat menyadari keyakinan irasional yang dimiliki nya, dan mampu mengarahkan diri untuk berpikir secara rasional dalam menghadapi masalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan rasional emotif behavior terapi model ABCDEF dapat membantu responden dalam meningkatkan penyesuian diri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): REBT Model ABCDEF, Penyesuaian Diri, Anak Angkat
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:54
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 08:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10034

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.