Kedisiplinan dan Keterampilan Mengajar Guru Guna Memproteksi Akhlak Karimah Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Amin Kelurahan Gandaria Kabupaten Tangerang)

Juhaeriah, Juhaeriah (2022) Kedisiplinan dan Keterampilan Mengajar Guru Guna Memproteksi Akhlak Karimah Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Amin Kelurahan Gandaria Kabupaten Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610003_COVER.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (632kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610003_BAB I.pdf

Download (256kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182610003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
T_PAI_182610003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (228kB)
[img] Teks
T_PAI_182610003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610003_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Seorang pendidik harus mempunyai kedisiplinan dan keterampilan untuk memproteksi akhlak peserta didik. Terbentuknya kedisiplinan dan keterampilan dilingkungan sekolah dari seorang pendidik tentunya akan berpengaruh pula dalam bertingkah laku dan mematuhi segala peraturan yang ada disekolah, sebab pada kedisiplinan dan keterampilan sudah tertanam dalam peserta didik untuk senantiasa patuh dan taat pada peraturan yang pada dilingkungan sekolah dan melihat seorang pendidik maka akan memproteksi akhlak karimah pada peserta didik. Penelitian ini memiliki empat rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana kedisiplinan dan keterampilan guru; 2) Bagaimana perencanaan pembelajara?; 3) Bagaimana upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik; 4) Apa saja faktor yang menghambat upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan dan keterampilan guru; 2) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran; 3) Untuk mengetahui upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik; 4) Untuk mengetahui faktor yang menghambat upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ditentukan empat orang informan dari pihak Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Amin Kelurahan Gandaria Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung kepada informan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Kedisiplinan dan keterampilan guru di Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Amin Kelurahan Gandaria Kabupaten Tangerang pada masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan mencontohkan peserta didik akhlak yang baik, memberikan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan memberi perhatian pada peserta didik agar lebih giat belajar meskipun dalam kondisi pandemic; 2) Perencanaan pembelajaran secara umum dilakukan dengan pendekatan penanaman akhlak karimah peserta didik kedalam pendekatan situasional atau sesuai dengan situasi peserta didik; 3) Upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik dilakukan dengan mempersiapkan diri dengan membaca buku-buku cerita agar keesokan harinya peserta didik mau memperhatikan dan peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik; 4) Faktor yang menghambat upaya guru memproteksi akhlak karimah peserta didik diantaranya adalah terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah, kurangnya kesadaran peserta didik, pengaruh lingkungan dan pergaulan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kedisiplinan, Keterampilan, Akhlak Karimah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 07:01
Perubahan Terakhir: 07 Mar 2024 08:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.