Nurunnajmi, Nurunnajmi (2025) Pengaruh Potongan Harga dan Seasonal Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Halal di Platform Digital Shopee. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_211410061_COVER.pdf Download (97kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (592kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_BAB I.pdf Download (257kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (434kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (432kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (408kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_BAB V.pdf Download (164kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh potongan harga dan seasonal marketing terhadap keputusan pembelian fashion halal di platform digital Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Data kuesioner diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (potongan harga dan seasonal marketing) dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, di mana diskon yang diberikan oleh Shopee meningkatkan minat konsumen dalam berbelanja fashion halal. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis t-hitung 6,720 > t-tabel 1,66055. Selain itu, strategi seasonal marketing yang diterapkan oleh Shopee, seperti promosi khusus saat Ramadan dan Idul Fitri, juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis t-hitung 5,019 > t-tabel 1,66055. Kombinasi dari kedua strategi pemasaran ini secara simultan berkontribusi dalam meningkatkan penjualan fashion halal di platform digital Shopee dengan hasil analisis F-hitung 198,465 > F-tabel 3,09. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, potongan harga berpengaruh sebesar 77,6% terhadap keputusan pembelian fashion halal di platform digital Shopee dan seasonal marketing berpengaruh sebesar 25,9% terhadap keputusan pembelian fashion halal di platform digital Shopee. Kemudian koefisien determinasi adjusted R-square sebesar 0,800 yang artinya variabel potongan harga dan seasonal marketing berpengaruh sebesar 80% terhadap keputusan pembelian fashion halal di platform digital Shopee. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku usaha fashion halal dan e-commerce untuk lebih memperhatikan strategi promosi yang efektif dalam meningkatkan daya tarik konsumen. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pemasaran digital dan ekonomi syariah.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Potongan harga, Seasonal marketing, Keputusan pembelian, Fashion halal, Shopee. |
| Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 03 Sep 2025 04:16 |
| Perubahan Terakhir: | 03 Sep 2025 04:16 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17495 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
