Kartika, Yuni (2025) Pengembangan Media Permainan Kotak Pintar Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_201260026_COVER.pdf Download (260kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_BAB I.pdf Download (330kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (783kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (630kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_BAB V.pdf Download (259kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260026_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstrak
Tujuan dari peneliti ini yaitu 1)Untuk mengetahui pengembangan media permainan kotak pintar untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun di Tk ABA 7 Serang 2) Untuk mengetahui efektivitas media permainan kotak pintar untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun kelompok B di Tk ABA 7 Serang 3) Untuk mengetahui kelayakan media permainan kotak pintar untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun kelompok B di Tk ABA 7 Serang. Jenis penelitian ini menggunakan (R&D) Research and Development / Penelitian dan Pengembangan berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh ADDIE. Dilakukan 5 tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisa), 2) Design (Rancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, analisis hasil validasi, lembar penilaian kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun kelompok B di Tk ABA 7 Serang dokumentasi. Hasil penelitian dan Pengembangan menunjukkan: 1) Menghasilkan sebuah produk berupa media permainan kotak pintar; 2) Kelayakan media permainan kotak pintar dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator. Rata-rata penilaian validator 1 mendapatkan presentase kelayakan sebesar 73% kategori “Layak” dan penilaian validator ke 2 mendapatkan presentase kelayakan 85% “Layak”, 3) Dari hasil uji coba efektifitas produk media permainan kotak pintar pada anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 24 anak memperoleh data total nilai rata-rata pada pretest sebesar 65,2% dan posttest sebesar 81,56%. Media permainan kotak pintar mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest pada anak usia 5-6 tahun lebih baik dari pada nilai pretest. Dengan demikian media permainan kotak pintar layak dan efektif dalam mengembangkan perkembangan kognitif dan bahasa pada anak usia 5-6 tahun.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Media Permainan Kotak Pintar, Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 17 Jun 2025 06:55 |
| Perubahan Terakhir: | 17 Jun 2025 06:55 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16992 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
