Aprilia, Milda Dwi (2024) Manajemen Perkantoran dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan di SMK Negeri 3 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250060_Cover.pdf Download (189kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Lampiran Depan.pdf Download (540kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Bab I.pdf Download (403kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (609kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (210kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (308kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Bab V.pdf Download (91kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250060_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perkantoran dalam meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen perkantoran, bagaimana peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat manajemen perkantoran dalam meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen perkantoran, untuk mengetahui peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen perkantoran dalam meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, sehingga teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode analisis dari Milles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, kemudian menyajikan data serta menarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, staf tata usaha, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama manajemen perkantoran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan tahapan manajemen perkantoran yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Tetapi dalam tahapan pengorganisasian masih belum terlaksana karena kurangnya sember daya manusia sehingga terjadinya merangkapnya pekerjaan dan jabatan. Kedua peningkatan profesionalisme tenaga kependidikanbelum cukup baik dalam hal kompetensi teknisnya, sebab kurangnya sumber daya manusia sehingga terjadi ketidak sesuaian dalam pembagian tugas seperti, ada beberapa tenaga kependidikan memiliki dua tanggung jawab penuh dalam dua jabatan yang berbeda. Hal tersebut menimbulkan permasalahan dalam bentuk kedisiplinan, etos kerja dan tanggung jawab tenaga kependidikannya. Ketiga faktor pendukung dan penghambat manajemen perkantoran dalam meningkatkan profesioanalisme tenaga kependidikan. Adapun faktor pendukungnya, tenaga kependidikan sudah mempunyai kemampuan kerja atau potensi, dan adanya dukungan dari kepala sekolah serta mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan apa yang dijabat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sumber daya manusia pada bagian staf tata usaha, dan kurangnya staf tata usaha yang berstatus PNS serta kurangnya pelatihan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Manajemen perkantoran, profesionalisme tenaga kependidikan |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Apr 2025 01:39 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Apr 2025 01:39 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16731 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
