Hernisyah, Hernisyah (2025) Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Wardah Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Cover.pdf Download (3MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Lampiran Depan.pdf Download (527kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Bab I.pdf Download (422kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (393kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (284kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (511kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Bab V.pdf Download (205kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260014_Daftar Pustaka.pdf Download (286kB) |
Abstrak
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek penting yang harus distimulasi sejak usia dini karena berperan dalam kemampuan anak untuk berpikir logis, mengenal pola, berhitung, dan menyelesaikan masalah sederhana. Berdasarkan hasil observasi awal di RA Al-Wardah Pandeglang, ditemukan bahwa sebagian anak usia 5-6 tahun masih memiliki perkembangan kognitif yang belum optimal, seperti belum lancar dalam menyebutkan dan menghitung bilangan 1-10, serta kesulitan mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah benda. Kondisi ini menunjukkan perlunya stimulasi melalui metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, salah satunya adalah permainan edukatif puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA al-wardah pandeglang, untuk mendeskripsikan bagaimana permainan edukatif puzzle di RA al-wardah pandeglang, dan untuk mendeskripsikan pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA al-wardah pandeglang. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan uji pretest posttest. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah kelompok B RA al-wardah pandeglang. kelas B2 sebagai kelas eksperimen tidak ada pembanding one group pretest posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial uji normalitas (uji shapiro-wilk). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil SPSS versi 25, uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoleh t hitung sebesar -13.817 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria uji dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap kemampuan kognitif anak. Hal ini juga dibuktikan hasil perhitungan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai cohen’s d adalah sebesar 1,50 termasuk dalam kategori pengaruh sangat besar.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Permainan edukatif puzzle, kemampuan kognnitif anak usia dini |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Nov 2025 03:16 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Nov 2025 03:16 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17711 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
