Ramadhan, Muhammad Sabiq (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2, Gintung Jayanti, Tangerang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_212621009_COVER.pdf Download (107kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_BAB I.pdf Download (494kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (671kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (415kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (812kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_BAB V.pdf Download (83kB) |
|
|
Teks
T_PAI_212621009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) diterapkan dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2. Pendidikan agama di pesantren tidak hanya berfokus pada aspek afektif, tetapi juga mencakup ranah kognitif dan psikomotorik, sehingga santri dapat menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 berlandaskan konsep Panca Jiwa Pondok, yang meliputi keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Penerapan nilai-nilai PAI dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah interaktif, diskusi kelompok, praktik ibadah secara langsung, serta pendekatan berbasis teknologi dan isu-isu aktual. Selain itu, evaluasi karakter santri dilakukan secara sistematis melalui pemantauan ibadah, penerapan adab dalam kehidupan sehari-hari, serta kedisiplinan dalam menaati peraturan pesantren. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan dalam membentuk karakter santri sangat bergantung pada peran pendidik, lingkungan pesantren, serta sistem pembelajaran yang menyeluruh dan berbasis pada praktik nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, pesantren perlu terus mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam menanamkan ajaran Islam agar dapat mencetak generasi yang berakhlak mulia dan mampu menghadapi tantangan zaman.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Agama Islam, karakter santri, Panca Jiwa Pondok, pesantren. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
| Divisi: | Magister > PAI |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Okt 2025 08:20 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Okt 2025 08:20 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17669 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
