Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Wulan, Wulan (2025) Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_211340027_Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Lampiran Depan.pdf

Download (578kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Bab I.pdf

Download (268kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (453kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (416kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Bab V.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_BKI_211340027_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstrak

Pola asuh orang tua memiliki peranan krusial dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa, di mana persepsi pola asuh yang baik dapat mendorong mahasiswa untuk lebih giat dalam belajar. Khususnya bagi mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam, yang dipersiapkan menjadi calon konselor profesional. Namun, kenyataannya, sebagian mahasiswa menunjukkan motivasi belajar yang rendah, sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat persepsi mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap pola asuh oarng tua. 2) Identifikasi motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 3) Hubungan antara persepsi pola asuh orang tua dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 73 responden yang dipilih menggunkan taknik random sampling yang dimana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Teknik pengumpulan data menggunakan skala persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Intrumen disebar melalui google formulir selama bulan Mei 2025 dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Tingkat persepsi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam terhadap pola asuh orang tua termasuk dalam kategori “Baik” dengan presentase 67,64%, 2) Motivasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling Islam termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase 68,20%, dan mengidentifikasi bahwa selain pola asuh orang tua, motivasi intrinsik mahasiswa khususnya pada indikator “Memiliki rasa tanggung jawab” mendapat nilai tertinggi sebesar 83,84% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi pola asuh orang tua dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,577 (kategori sedang) dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Analisis determinasi R2 menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berkontribusi sebesar 33,3% terhadap motivasi belajar mahasiswa. Selain itu, hasil uji t (thitung 5,957 > ttabel 1,994) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola asuh orang tua, motivasi belajar, mahasiswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2025 02:47
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2025 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.